Nicky Astria Kembangkan Kampus Musik Digital di Bandung, Siapkan Musisi Melek Digital Market

Icon CameraAgung Nugroho Bakti Sarasa
Kamis 03 Februari 2022 23:22 WIB
Nicky Astria Kembangkan Kampus Musik Digital di Bandung, Siapkan Musisi Melek Digital Market
Nicky Astria. (Foto: Instagram/@nickyfamily_id/@nikki_nick04/@hpmusic.id)

BANDUNG, celebrities.id - Lama tak terdengar kabarnya, lady rocker ternama Tanah Air, Nicky Astria bertekad melahirkan musisi andal di era digital yang berkembang saat ini. 

Melalui Sekolah Tinggi Ilmu Musik Bandung (STiMB) yang didirikannya 2001 silam, pemilik nama lengkap Nicky Nastitie Karya Dewi itu melakukan transformasi dengan mengembangkan STiMB menjadi kampus digital. 

Transformasi tersebut ditandai dengan hadirnya kampus baru STiMB di Jalan PHH Mustofa, Kota Bandung. Sebelumnya, STiMB berdiri di kawasan Lamping, Jalan Setiabudhi, Kota Bandung. 

Menurut Nicky, perubahan orientasi menjadi kampus digital merupakan tuntutan zaman. STiMB ingin menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan bermusik dan didukung pengetahuan digitalisasi, di antaranya pengolahan musik, hak intelektual, hingga moneytize platform musik.

"Sekarang ini, digitalisasi sudah menjadi tuntutan zaman. Sejak berdiri 2001, kita sudah hasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tidak hanya bermusik, tapi bisa mengetahui hak dan kewajibannya," kata Nicky di sela-sela syukuran kampus baru STiMB, Kamis (3/2/2022). 

Menurut Nicky, STiMB sejak awal ingin membantu para calon musisi memahami cara mencari uang. Pasalnya, dengan teknologi yang semakin berkembang saat ini, masih banyak musisi yang kesulitan untuk menciptakan uang.

"Para calon musisi ini kebanyakan tidak tahu hak dan kewajibannya. Sehingga, akhirnya karya hanya tinggal karya, tanpa ada keuntungan yang didapatnya. Padahal, karyanya tersebut merupakan kekayaan intelektual yang nilainya sering tak terhingga," jelasnya.

 

1
/
2