Nikmatnya Steak A5 dengan Buah Lobi-Lobi dan Jamur Pelawan, 2 Bahan Makanan Khas Indonesia yang Sudah Langka

Novie Fauziah
Selasa 08 Maret 2022 22:56 WIB
Nikmatnya Steak A5 dengan Buah Lobi-Lobi dan Jamur Pelawan, 2 Bahan Makanan Khas Indonesia yang Sudah Langka
Nikmatnya Steak A5 dengan Buah Lobi-Lobi dan Jamur Pelawan. (Foto:celebrities.id/MPI Novie Fauziah)

JAKARTA, celebrities.id - Daging sapi khas Australia dengan kualitas A5 merupakan hidangan yang sangat mewah dan lezat. Tak heran jika daging jenis ini kerap dimasak dengan bahan masakan premium lainnya seperti, pelawan mashroom (jamur pelawan) dan buah lobi-lobi.

Di tangan Chef de Cuisine PA.SO.LA The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place, chef Rizky Annisa daging tenderloin A5 disulap menjadi steak yang rasanya sangat premium yaitu menggunakan jamur pelawan khas Bangka Belitung dan lobi-lobi yang kini jarang ditemukan.

Chef Rizky memasak tenderloin dengan tingkat kematangan medium rare, kemudian lobi-lobi glasses, pelawan mashroom sauce, mash potato, chip sweet potato sebagai tekstur crunchy-nya, dan beberapa kondimen lainnya hingga garnish untuk mempermanis penampilan hidangan.

Lebih lanjut, jamur pelawan sendiri merupakan bahan yang jarang ditemukan sebagai topping atau sauce untuk steak. Ia pun mendapatkannya dalam keadaan kering, karena cukup langka. Meski demikian, chef Rizky tetap mencarinya dan mengkombinasikannya dengan perpaduan daging sapi premium khas Australia ini.

"Buah lobi-lobi kan tahu sendiri sekarang udah agak jarang, susah. Tapi kita tetap mencari bahan-bahan yang susah itu, semuanya," ujarnya dalam acara The Great Steak Escape di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (08/03/22).

Saat tim MNC Portal mencicipi steak tenderloin with pelawan mashroom sauce dan lobi-lobi glasses rasanya sangat kaya. Perpaduan gurih, asin, manis dan sedikit asam dari buah lobi-lobi menjadikan santapan ini sangat terasa mewah.

 

1
/
2