Nimatnya Soto Kletuk Legendaris Mbah Gowak di Blora, Ternyata Berusia Seabad Lebih

Heri Purnomo
Minggu 19 Juni 2022 06:44 WIB
Nimatnya Soto Kletuk Legendaris Mbah Gowak di Blora, Ternyata Berusia Seabad Lebih
Soto kletuk legendaris Mbah Gowak Blora, sudah berusia seabad lebih. (Foto: MPI/Heri Purnomo)

BLORA, celebrities.id - Tidak hanya terkenal dengan satenya, Kabupaten Blora juga memiliki beragam makanan khas yang wajib dicoba. Salah satunya adalah soto kletuk. Salah satu penjaja soto kletuk bahkan sangat populer dan dinilai sebagai yang legendaris. 

Adalah soto kletuk Mbah Gowak yang telah berdiri sejak 1953. Meski telah melewati pergantian tujuh presiden berbeda, soto kletuk Mbah Gowak masih digemari hingga sekarang.

Berlokasi di Jl. Gunung Lawu Blora, soto kletuk Mbah Gowak cukup populer khususnya di kalangan masyarakat lokal. Bukan hanya karena reputasinya yang bagus dan melegenda, tetapi cita rasanya memang tak bisa membohongi.

Secara isi, soto kletuk ini tidak terlihat berbeda dengan jenis soto lainnya, yakni ada bihun, kecambah, dan ririsan daging ayam. Lalu, apa yang membedakannya?

Dalam satu porsi soto kletuk juga terdapat irisan ketela kecil-kecil yang dinamakan kletuk. Adapun nama kletuk sendiri merujuk pada bunyi dihasilkan saat mengunyah irisan ketela kecil-kecil tersebut, kletuk.

Selain itu, yang istimewa dari soto kletuk adalah penggunaan ayam kampung asli. Di samping itu, kuah yang memiliki cita rasa tempo dulu akan menambah kenikmatan soto kletuk Mbah Gowak.

Saat ini, soto kletuk Mbah Gowak dijalankan oleh generasi ketiga, yakni sang cucu bernama Solikin. Menurutnya, nama Gowak sendiri diberikan orang Tionghoa yang dulu menjadi langganan soto kakeknya.

 

1
/
2