Nirina Zubir Bantah Gunakan Uang Rp600 Juta yang Ditransfer Riri Khasmita: Saya Kembalikan Dananya

Lintang Tribuana
Jumat 26 November 2021 22:03 WIB
Nirina Zubir Bantah Gunakan Uang Rp600 Juta yang Ditransfer Riri Khasmita: Saya Kembalikan Dananya
Nirina Zubir membantah gunakan uang yang ditransfer Riri Khasmita. (Foto: celebrities.id/Instagram)

JAKARTA, celebrities.id - Aktris Nirina Zubir menanggapi tuduhan menggunakan uang hasil penjualan tanah yang ditransfer oleh Riri Khasmita sekitar Rp600 juta. Istri Ernest Cokelat ini meluruskan kabar tersebut.

"Jadi pada dasarnya waktu itu memang terjadi ada transfer uang. Di saat itu memang ada keperluan yang melibatkan ibu saya," ujar Nirina ditemui di RS Pelni, Jakarta, Jumat (26/11/2021).

Nirina menuturkan, saat itu, dia tertarik membeli rumah di Bali tetapi tak punya cukup uang. Kemudian, sang ibunda berinisiatif mengirimkan uang miliknya melalui rekening Riri untuk sang putri membayar uang muka rumah tersebut.

"Tiba-tiba ibu saya lihat tempatnya, naksir, yaa udah ambil. 'Mam tapi Na, enggak ada (uang) segitu'. 'Ya udah pokoknya jadiin nanti uangnya ditransfer sama Riri. Dan yang terjadi dia (Riri) mentransferkan dana itu ke saya. Ada Rp600 juta," ucapnya.

Nirina mengaku tak jadi menggunakan uang tersebut karena batal membeli rumah. Dana itu akhirnya dikembalikan kepada ibunya melalui rekening milik Riri Khasmita.

"Jadi akhirnya ternyata itu tidak jadi dibeli, saya kembalikan dananya. Bahkan saya kembalikan dananya ditrasnfer balik ke rekeningnya Riri Khasmita," ucapnya.

Nirina membantah menikmati uang Rp600 juta. Dia menantang pihak Riri membuktikan tudingan itu. "Ya udah nggak apa-apa. Kita kalau main bukti-buktian sok. Silahkan," kata ibu dua anak ini.

Sebelumnya, Syakhruddin, kuasa hukum Riri Khasmita menyebut bahwa kliennya memang membalik nama sertifikat mendiang ibunda Nirina, Cut Indria Marzuki, yang dilakukan atas surat kuasa. Dua dari enam sertifikat tanah sudah terjual, sisanya diagunkan ke bank.

Pihak Riri menyebut bahwa keluarga Nirina sebenarnya sudah menerima uang dari transaksi itu dengan jumlah bervariasi. Hasil transaksi yang diberikan pada pihak keluarga totalnya mencapai lebih dari Rp1 miliar.

Syakhruddin mengklaim bahwa Nirina termasuk salah satu yang menerima uang tersebut. "Kalau ke Nirina itu berdasarkan... kami ada bukti rekening korannya Riri, sekitar Rp600 juta. Pengiriman dari rekening Riri ke rekening atas nama Nirina," ucapnya di Polres Metro Jakarta Barat, 24 November 2021.

Riri Khasmita dan sang suami, serta tiga orang lainnya kini telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan mafia tanah milik keluarga Nirina Zubir. Para tersangka dijerat Pasal 263, 264, 266, dan 372 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penipuan dan Pemalsuan Dokumen.

Editor : Dhita Seftiawan