Nissan Bikin Terobosan, Kembangkan Teknologi Tangkal Virus Covid-19 

Muhamad Fadli Ramadan
Jumat 23 September 2022 07:39 WIB
Nissan Bikin Terobosan, Kembangkan Teknologi Tangkal Virus Covid-19 
Nissan bikin terobosan, kembangkan teknologi tangkal Virus Covid-19. (Foto: celebrities.id/Nissannews)

JAKARTA, celebrities.idNissan Motor Co., Ltd. mengumumkan telah menjalin kerja sama dengan Fakultas Ilmu Farmasi Universitas Tohoku guna mengembangkan teknologi yang dapat menonaktifkan virus menggunakan spesies katalis aktif.

Dikutip dari laman resminya, teknologi yang dikembangkan Nissan tersebut nantinya memiliki aplikasi potensial untuk menonaktifkan virus dengan mengoksidasi, mendenaturasi dan mendegradasi protein, serta zat lain pada permukaan virus.

Teknologi katalis oksidasi radikal nitrosil organik, atau dikenal dengan katalis radikal tersebut akan digunakan sebagai aditif dalam bahan dasar polimer cat. Selain itu, serat dan bahan polimer organik juga akan digunakan pada interior dan eksterior kendaraan.

Selain menonaktifkan virus, termasuk virus corona, teknologi ini juga digadang-gadang akan dapat menonaktifkan patogen seperti jamur dan bakteri. Pada mobil Nissan, katalis radikal mencegah reaksi fotodegradasi seperti retak, getas, dan memudar dalam jangka waktu yang lama.  

Studi tentang efek teknologi ini telah menemukan bahwa garam oksoamonium yang dihasilkan dapat mengoksidasi dan menonaktifkan protein permukaan virus. Ini mengurangi kemampuan virus untuk mengikat dengan sel manusia.

Teknologi tersebut diciptakan dengan memanfaatkan teknologi dan keahlian Nissan dalam pengembangan otomotif. Sedangkan Universitas Tohoku mengembangkan obat, evaluasi obat, dan ilmu farmasi lainnya, seperti persiapan katalis, dan evaluasi kinerja katalis.

 

1
/
2