Nyeri Otot setelah Bersepeda, Lakukan 4 Peregangan Ini 

Bertold Ananda
Jumat 28 Mei 2021 13:40 WIB
Lakukan perenggangan jika terjadi cedera otot. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Bersepeda bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Olahraga satu ini dirasa sangat menyenangkan, tentunya selain mendapatkan kesehatan dan kebugaran.

Namun, menghabiskan waktu dengan menggowes pedal dan duduk di posisi yang sama dapat menyebabkan nyeri otot pada leher dan kaki. Untuk itu, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan perenggangan usai bersepeda  selama lima menit dan ini membantu meredakan nyeri otot.

Melansir dari Times of India, berikut ini 4 peregangan yang baik untuk dilakukan setelah bersepeda:

1. Peregangan Quad

Quadricep adalah otot menonjol pada pangkal paha akibat bersepeda. Otot ini menghasilkan tenaga paling besar untuk mengowes sepeda dalam gerakan maju. Paha depan diaktifkan saat Anda mendorong pedal ke bawah, yang membantu menggerakkan siklus ke arah depan.

Langkah yang dilakukan:

1. Berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar pinggul.

2. Angkat kaki kanan ke belakang dan pegang tumit dengan tangan kanan.

3. Tarik tumit sampai Anda merasakan kerengangan di bagian depan paha Anda.

4. Tahan posisi ini selama 30 detik lalu ganti kaki berikutnya.

2. Peregangan Hamstring

Otot hamstring digunakan saat Anda menekuk lutut ke belakang setelah menekan pedal ke bawah. Otot ini bisa saja ketarik dan menjadi keseleo. Untuk melakukan peregangan ini Anda membutuhkan permukaan yang rendah seperti kursi atau meja.

cara melakukannya:

1. Letakkan tumit kaki kanan Anda di atas permukaan stabil yang diletakkan di depan Anda.

2.  Jari-jari kaki Anda harus mengarah ke atas dan kaki terentang sepenuhnya.

3. Perlahan condong ke depan dan tekan ke bawah sehingga Anda merasakan otot hamstring meregang.

4. Tahan posisi ini selama 30 detik lalu ulangi dengan kaki lainnya.

 

1
/
2