NYX Rilis Single Anxious, tentang Keresahan dan Isu Kesehatan Mental 

Ahmad Haidir
Selasa 23 November 2021 09:05 WIB
NYX Rilis Single Anxious, tentang Keresahan dan Isu Kesehatan Mental 
NYX merilis single Anxious. (Foto: celebrities.id/release)

JAKARTA, celebrities.id - Isu kesehatan mental mulai banyak dibahas saat ini, termasuk oleh penyanyi yang mengusung genre musik Alternative Pop asal Malaysia, NYK. Dia menceritakan apa yang sedang dirasakan belakangan ini melalui lagu terbarunya Anxious

Single ini diproduseri dan ditulis bersama dengan Bruises, yang juga merupakan teman dari musisi yang pernah berkolaborasi dengan grup band Indie ternama Indonesia, Coldiac. 

Anxious dirilis melalui perusahaan rekaman kelas dunia Sequence/Ultra Records. Lagu ini juga menandai perubahan suara dan sound dari beberapa karya terakhir NYK yang terdengar lebih optimistis. 

Kali ini, secara musikal lebih memiliki korelasi dengan materinya terdahulu yaitu mini album berjudul UNLOVABLE.

NYK menuturkan, lagu tersebut seperti judulnya yakni berkaitan dengan isu kesehatan mental yang berangkat dari kegelisahan yang dialaminya atau anxious. 

“Anxious adalah trek yang sangat personal bagi saya, lagu ini pada dasarnya adalah sebuah narasi tentang masalah kesehatan mental yang telah saya alami selama satu atau dua tahun terakhir - perjuangan saya dengan kecemasan dan depresi,“ ucap NYK kepada tim MNC Portal Indonesia melalui keterangan tertulis, dikutip Selasa (23/11/2021).

"Beberapa penyebab dari masalah ini disebabkan oleh faktor diluar diri saya sendiri - faktor eksternal. Namun ada beberapa diantaranya disebabkan oleh diri saya sendiri. Lagu ini kurang lebih berusaha menceritakan tentang pasang surut keadaan saya yang menyertainya." 

Mengedepankan elemen musikal khas genre  Indie-Pop dengan sentuhan R&B yang menyegarkan dan selalu menunjukkan hasil eksplorasi dan perkembangan di setiap rilisannya, NYK telah menemukan pendengar yang mendukung semua karyanya di seantero Asia selama dua tahun terakhir. 

Sejak awal 2020, seluruh karyanya sudah didengarkan lebih dari 100 juta streaming di China melalui kolaborasinya dengan Lil Ghost dan Shelhiel. 

NYK juga berhasil mendapatkan nominasi Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) untuk karyanya dengan grup musik Coldiac di tahun yang sama dan menandatangani kontrak dengan label yang sangat diakui di Amerika Serikat yakni Sequence/Ultra Records.

Namun di tahun ini arahan musik yang diambil oleh NYK nampaknya cukup berbeda, proyeknya saat ini lebih gelap dengan topik yang diangkat dalam lagunya pun terasa lebih dewasa baik dari perspektif naratif maupun dalam hal soundscape atau musikalitas. 

Sementara itu usai merilis single Anxious, NYK juga sedang mempersiapkan karya lainnya dengan menggandeng kolaborator ternama lainnya dari seperti grup musik brb dari Singapura hingga seorang DJ/Produser kenamaan tanah air yakni Dipha Barus.

Editor : Dhita Seftiawan