Obat Keras, BPOM Ingatkan Farmasi Jangan Sembarangan Promosi Ivermectin

Novie Fauziah
Rabu 21 Juli 2021 18:51 WIB
Obat Keras, BPOM Ingatkan Farmasi Jangan Sembarangan Promosi Ivermectin. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id Ivermectin termasuk obat keras dan dalam edaran persetujuannya melalui Expanded Access Program (EAP), bukan merupakan persetujuan Izin Edar yang menjadi salah satu syarat beredarnya obat-obatan. 

Meski Ivermectin kini sudah bisa digunakan bagi tetapi pasien Covid-19, dengan resep dokter, BPOM menekankan kepada Industri Farmasi yang memproduksi obat tersebut, serta pihak manapun untuk tidak mempromosikan obat itu. Baik kepada petugas kesehatan maupun kepada masyarakat.

Dikutip dari laporan terbaru BPOM, Rabu (21/6/21), penggunaan obat yang digunakan melalui skema EAP harus dilakukan pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit atau Puskesmas) yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan, serta menggunakan dosis dan aturan pakai yang sama dengan yang digunakan dalam uji klinik.

Keluarnya EAP ini sejalan dengan tengah dilakukannya uji klinis pada obat Ivermectin oleh Badan Pengkajian Kebijakan Kesehatan (Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan) untuk memperoleh data khasiat dan keamanan dalam menyembuhkan Covid-19.

 

1
/
3