Objek Wisata di Lembang Alami Lonjakan Wisatawan, Naik 80 Persen

Icon CameraAdi Haryanto
Senin 23 Januari 2023 16:18 WIB
Objek Wisata di Lembang Alami Lonjakan Wisatawan, Naik 80 Persen
Objek wisata Lembang alami lonjakan wisatawan. (Foto: Adi Har)

BANDUNG BARAT, celebrities.id - Pengunjung ke sejumlah tempat wisata di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada satu hari setelah libur Imlek masih ramai. Wisatawan sengaja menghabiskan waktu liburan sebelum kembali lagi kotanya masing-masing usai libur panjang.

Manager Operasional Lembang Park and Zoo, Iwan Susanto mengatakan, selama libur tiga hari pengunjung yang datang ke tempatnya ada peningkatan dibanding kondisi normal. Namun puncak kunjungan wisatawan terjadi pada Minggu (22/1/2023).

"Selama libur yang bertepatan dengan Imlek ini, pengunjung naik. Puncaknya kemarin (Minggu), kenaikannya sekitar 80 persen jika dibandingkan kondisi libur biasa yang rata-rata sekitar 3 ribu-4 ribu pengunjung," ucapnya, Senin (23/1/2023).

Menurutnya kepadatan wisatawan membuat pihaknya sempat menerapkan akses masuk dan keluar kendaraan pengunjung di gerbang yang berbeda. Yakni masuk dari gerbang utama Jalan Kolonel Masturi dan keluar dari Jalan Sersan Bajuri (Cihideung), untuk mengurangi kemacetan di jalan utama.

Sebab pengunjung yang datang kemarin kebanyakan dari luar kota yang menggunakan kendaraan pribadi, meskipun ada juga rombongan bus pariwisata. Sementara untuk wisatawan yang datang hari ini didominasi pengunjung lokal, karena sebagian wisatawan dari luar kota sudah mulai kembali ke kota asalnya.

"Lahan parkir kemarin penuh, padahal bisa nampung sekitar seribu kendaraan kecil. Makanya selama dua jam, dari pukul 12.00 WIB-14.00 WIB, kendaraan yang keluar dari parkiran diarahkan ke arah Cihideung karena macet di jalur utama," tuturnya.

Hal senada disampaikan Public Relation Floating Market, Lembang, Intania Setiati. Menurutnya selama libur akhir pekan ini yang bertepatan dengan Hari Raya Imlek, wisatawan ke tempatnya mengalami kenaikan. Terutama pada hari Minggu kemarin yang cukup ramai oleh pengunjung karena ada hiburan tambahan berupa atraksi barongsai.Ā 

"Pengunjung hari kemarin ada kenaikan sekitar 25 persen dari hari libur biasa. Kami juga menghadirkan atraksi barongsai untuk menghibur para pengunjung," ucapnya.

Editor : Tia Ayunita

Follow Berita Celebrities di Google News