Observatorium Bosscha Buat 4.000 Kacamata Khusus, Bisa untuk Amati Fenomena Gerhana Matahari

Icon CameraAdi Haryanto
Senin 16 Januari 2023 20:13 WIB
Observatorium Bosscha Buat 4.000 Kacamata Khusus, Bisa untuk Amati Fenomena Gerhana Matahari
Kacamata khusus untuk mengamati fenomena gerhana matahari. (Foto: Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, celebrities.id - Observatorium Bosscha, Lembang membuat 4.000 kacamata khusus yang dibagikan ke seluruh wilayah Indonesia. Kacamata ini bisa dipergunakan untuk mengamati fenomena gerhana matahari total yang akan berlangsung pada 20 April 2023.

"Kami membuat 4.000 kacamata khusus untuk mengamati fenomena itu (gerhana matahari). Hasil perhitungan akan terjadi pada 20 April 2023," kata juru bicara Observatorium Bosscha, Yatny Yulianty kepada wartawan, Senin (16/1/2023).

Dikatakannya, fenomena gerhana matahari total bisa dinikmati oleh masyarakat di wilayah Maluku dan Papua Barat. Sedangkan di wilayah Indonesia lainnya dapat menyaksikan fenomena itu sebagai gerhana matahari sebagian (GMS), dengan porsi tertutup matahari sekitar 30-90 persen.

Kacamata khusus tersebut dirancang dengan menggunakan lapisan filter khusus agar masyarakat bisa mudah menyaksikan fenomena langka tersebut tanpa bahaya paparan cahaya matahari. Filter itu bisa menyaring energi matahari sampai 99,99 persen sehingga aman untuk diterima.

"Filter ini khusus, karena bisa menangkis energi matahari sampai 99,99 persen sehingga aman ketika dilihat oleh mata," ujarnya.Ā 

Paparan cahaya matahari jika dilihat secata langsung maka dapat merusak retina. Kerusakan retina bisa berupa penglihatan kabur dengan rentan waktu 1 jam sampai 1 Minggu. Sedangkan risiko paling buruk bisa menyebabkan kerusakan permanen hingga kebutaan, karena lapisan retina berisi syaraf sensitif.

"Bagi masyarakat di wilayah GMS akan berbahaya jika menyaksikan fenomena alam tersebut tanpa alat pengaman seperti kacamata ini. Terutama dari mulai muncul saat fase total telah selesai," tuturnya.

Editor : Tia Ayunita

Follow Berita Celebrities di Google News