ODHA dan ODHIV Wajib Cintai Diri Sendiri, Berpikir Positif dan Self Love Hilangkan Stigma

Icon CameraMarieska Harya Virdhani
Rabu 15 Maret 2023 18:21 WIB
ODHA dan ODHIV Wajib Cintai Diri Sendiri, Berpikir Positif dan Self Love Hilangkan Stigma
ODHA harus self love. (Foto:celebrities.id/freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Saat seseorang dinyatakan positif HIV AIDS, tetaplah berpikir positif. Tak bisa dipungkiri memang stigma yang terjadi di masyarakat terhadap Orang Dengan HIV AIDS (ODHA dan ODHIV) membuat mereka merasa rendah diri. Karena itu penting untuk mereka tetap mencintai diri sendiri atau self love

Menurut data Kementerian Kesehatan, sejak tahun 2009 sampai Maret 2012, terdapat kasus HIV AIDS sebanyak 466.978 yang didapat dari laporan layanan konseling dan tes HIV. Dokter spesialis kedokteran jiwa di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) dr. Rayinda Raumanen Mamahit, Sp.KJ menjelaskan terkait konsep self love. 

"Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Setiap orang memerlukan dukungan mental untuk mewujudkan wellbeing atau sehat paripurna. Sehat paripurna secara mental harus dimulai dari mencintai diri sendiri," jelasnya dalam keterangan kepada celebrities.id, Rabu (15/3/2023). 

Stigma negatif dan diskriminasi sosial masyarakat kepada para ODHIV dan ODHA (orang dengan HIV/AIDS) sampai saat ini masih ada. Diskriminasi sosial yang diterima oleh para ODHIV dan ODHA memicu perasaan tertekan pengidap ODHIV dan ODHA, sehingga membuat kondisi psikis ODHIV dan ODHA terganggu. 

HIV/AIDS menyerang sistem kekebalan tubuh, jika ditambah dengan kondisi psikis yang terganggu maka dapat memicu perilaku negatif seperti adanya ide-ide bunuh diri bagi pengidap ODHIV dan ODHA. Self love sendiri merupakan suatu aksi yang mendukung perkembangan fisik, psikologis, dan spiritual individu.

“Self love sendiri mengutamakan kenyamanan, kesehatan, dan kebahagian diri dan bukan bersifat egois atau egosentris. Cara yang dapat dilakukan untuk mencintai diri sendiri adalah dengan mengenali diri sendiri," jelas dr. Rayi, sapaannya.

Maka, kata dia, cara untuk mengenali diri sendiri yaitu dengan mengetahui apa yang disuka dan apa yang tidak disuka. Hal lainnya adalah dengan mengetahui apa yang membuat kurang nyaman saat ini, membuat jurnal dan menganilisis respon terhadap situasi. Selain itu tidak mementingkan orang lain dan melukai diri sendiri.

"Hal yang juga dialami oleh teman-teman ODHIV dan ODHA adalah sulitnya menerima status mereka dan terkadang bayang-bayang kejadian yang lalu atau penyesalan melekat pada diri," ucapnya.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.
Topik Terkait