OJK Dorong Literasi Keuangan Digital, Rilis Games Smart Digital Indonesia Versi iOS

Icon CameraCahya Puteri Abdi Rabbi
Kamis 19 Januari 2023 12:55 WIB
OJK Dorong Literasi Keuangan Digital, Rilis Games Smart Digital Indonesia Versi iOS
OJK luncurkan games Smart Digital Indonesia versi iOS. (Foto: celebrities.id/Instagram @amandanaura)

JAKARTA, celebrities.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) senantiasa berupaya mendorong peningkatan literasi keuangan digital. Salah satunya melalui dengan meluncurkan inisiatif Digital Financial Literacy (DFL) berupa games Smart Digital Indonesia. 

Kali ini, OJK merilis aplikasi literasi digital tersebut bagi para pengguna iOS. Sebelumnya, Games Smart Digital Indonesia sendiri telah diluncurkan pada Desember 2022 lalu.

Sebagai informasi, saat ini sudah ada empat modul literasi keuangan digital yang ada dalam game yakni pemilihan produk keuangan, cyber ninja, fintech lending, dan kanal pengaduan konsumen. Sehingga, untuk sementara hanya pengguna iPhone saja yang bisa mengunduh gim melalui Apple Store.

“Inisiatif pembuatan games literasi digital ini dilakukan untuk menciptakan ekosistem keuangan digital yang kuat, bertanggung jawab dan memperhatikan aspek perlindungan konsumen, di tengah tingkat literasi layanan keuangan digital yang masih rendah pada masyarakat Indonesia,” kata Direktur Humas OJK, Darmansyah dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (19/1/2023).

Darmansyah menjelaskan, berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang diselenggarakan OJK di 2022, indeks literasi keuangan digital dan indeks inklusi keuangan digital di Indonesia menunjukkan angka 41 persen dan 72 persen. Angka tersebut menunjukkan bahwa cukup banyak masyarakat yang telah memanfaatkan layanan keuangan digital tanpa memiliki pengetahuan yang memadai.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2