Olahraga Malam Bikin Paru-Paru Basah? Begini Penjelasannya

MNC Media
Jumat 16 Juli 2021 11:49 WIB
Podcast Kata Dokter bareng dr. Nadia memberikan tips dan info seputar kesehatan. (Foto: celebrities.id)

JAKARTA, celebrities.id - Kamu sedang mencari yang menghibur sekaligus bisa menambah ilmu selama di rumah aja di masa pandemi kayak sekarang? 
Pas banget loh! Podcast Kata Dokter bareng dr. Nadia balik lagi buat memberikan tips dan info seputar kesehatan. 

Di episode kali ini, dr. Nadia akan membahas tentang anggapan yang banyak berkembang di masyarakat nih, yaitu tentang olahraga malam yang katanya bisa bikin kita paru-paru basah? Penasaran akan bagaimana penjelasannya? Langsung dengerin aja yuk di RCTI+.

Di masyarakat Indonesia, banyak banget anggapan-anggapan tentang kesehatan yang seringkali kita pun nggak tau asalnya dari mana, tapi tetap setuju saja. 
Salah satu contoh anggapan tersebut adalah tentang olahraga malam yang dianggap bisa membuat terkena paru-paru basah. Nah, kira-kira anggapan itu benar atau nggak ya?

Dokter Nadia menjabarkan sebenarnya banyak orang yang menjabarkan paru-paru basah dengan berbeda, karena sebenarnya paru-paru itu memang basah. Letak paru-paru kan di dalam tubuh, dan tubuh kita 80% adalah air. Tapi, yang dimaksud dengan paru-paru basah di sini itu berbeda. “Yang dimaksud di sini adalah cairan yang ada di dalam paru-paru, misalnya efusi pleura, atau pleuritis,” ucap dr. Nadia. 

Menurut sang dokter, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya paru-paru basah, seperti pneumonia.  Yang pasti, olahraga malam bukan salah satu penyebabnya. “Paru-paru basah disebabkan olahraga malam sebenarnya adalah mitos, karena olahraga itu nggak apa-apa, itu juga bagus,” ujar dr. Nadia.

 

1
/
2