Olahraga yang Dianjurkan Rasulullah, dari Berkuda hingga Lari

Icon CameraTika Vidya Utami
Rabu 25 Januari 2023 17:01 WIB
Olahraga yang Dianjurkan Rasulullah, dari Berkuda hingga Lari
Olahraga yang dianjurkan Rasulullah. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Olahraga yang dianjurkan Rasulullah pastinya membuat tubuh sehat dan bugar. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk berolahraga agar selalu sehat sehingga bisa menjalankan ibadah kepada Allah SWT.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (25/1/023), berikut deretan olahraga yang dianjurkan oleh Rasululah. 

Olahraga yang Dianjurkan Rasulullah

1. Berkuda

Berkuda merupakan olahraga yang dianjurkan Rasulullah. Olahraga ini tidak hanya sekadar menunggang kuda, namun juga diperlukan teknik berkuda yang benar dan tepat. Berkuda mempunyai sejumlah manfaat. 

Manfaat jasmani dari berkuda adalah meningkatkan kekuatan otot. Berkuda juga dapat memberi manfaat rohani yaitu melatih kesabaran, keseimbangan, hingga kelincahan. 

Selain itu, seseorang yang melakukan berkuda dapat berinteraksi dengan hewan, yang bermanfaat untuk meningkatkan kepekaan antara manusia dan hewan. 

2. Memanah

Selain berkuda, Rasulullah juga menganjurkan olahraga memanah. Memanah membutuhkan konsentrasi, ketangkasan, juga ketepatan bidikan. Seseorang yang melakukan olahraga memanah ini memerlukan fisik yang berstamina prima supaya bisa menarik tali busur panah dengan baik. 

Dibutuhkan konsentrasi yang tinggi agar panah yang dilepas dapat tepat sasaran. Olahraga ini  juga memerlukan kemampuan mengendalikan diri, hingga kesabaran. Selain sebagai olahraga, memanah dapat melatih kepercayaan diri dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan seseorang. 

 

3. Berenang

Berenang juga merupakan olahraga yang dianjurkan Rasulullah. Rasulullah menganjurkan berenang karena mempunyai banyak manfaat. Olahraga ini dapat pula menjadi olahraga terapi untuk mereka yang mengalami masalah pada otot dan tulang. 

Berenang bisa menyehatkan jantung dan paru-paru. Selain itu, berenang dapat membuat ketenangan batin hingga menghilangkan stres. 

4. Lari

Olahraga yang dianjurkan Rasulullah ini terbilang mudah serta praktis. Bahkan Rasulullah pernah mengikuti perlombaan lari dengan istrinya Aisyah. Olahraga ini melatih fisik serta ketangkasan. 

Saat ini pun telah banyak masyarakat yang menggeluti olahraga lari. Tak hanya itu, banyak juga digelar event lari untuk masyarakat.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News