15 Oleh-Oleh Khas Bogor Termurah dan Terpopuler

Iqbal Widiarko
Jumat 17 Juni 2022 15:14 WIB
15 Oleh-Oleh Khas Bogor Termurah dan Terpopuler
Asinan menjadi salah satu oleh-oleh khas Bogor. (Foto: celebrities.id/Instagram @makananku.nusantaraku)

JAKARTA, celebrities.id - Oleh-oleh khas Bogor menjadi salah satu cinderamata wajib yang biasanya dibawa pulang oleh para wisatawan yang berkunjung ke kota hujan tersebut. Tidak hanya berburu wisata alamnya saja, wisata kuliner yang ada di Bogor tak kalah menarik untuk dinikmati.

Saat ini para pelancong tidak perlu bingung mencarinya, sebab kamu bisa menemukan berbagai macam oleh-oleh dengan mudah di toko oleh-oleh di sekitaran Bogor, baik di pusat oleh-oleh maupun di area wisata.

Kota yang terkenal dengan destinasi Puncaknya ini juga menawarkan berbagai souvenir menarik yang bisa dijadikan buah tangan. Kamu juga bisa memborong jajanan atau camilan khas yang bisa menyempurnakan perjalanan liburan saat berada di kota ini.

Dilansir dari berbagai sumber, Celebrities.id, Selasa (14/6/2022) telah merangkum oleh-oleh khas Bogor, sebagai berikut.

Deretan Oleh Oleh Khas Bogor 

1. Pia Apple Pie

Oleh-oleh pertama yang wajib kamu bungkus adalah pia apel khas Bogor. Tampilannya yang unik dari Pia Apple Pie dilengkapi dengan varian rasa yang nikmat dan dibentuk menyerupai hati yang cukup besar.

Tekstur luarnya garing dan renyah, namun di bagian dalam lembut menyatu sempurna dengan selai apelnya. Disamping bisa langsung dilahap di tempat ketika hangat, kamu juga dapat membawanya sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah.

2. Bika Talas

Bika talas merupakan kue unik berbahan dasar umbi khas Bogor. Kamu dapat langsung merapat dan membelinya di outlet Bika Bogor Talubi daerah Komplek Ruko Perkantoran Jalan Raya Pajajaran Nomor 20M, Baranangsiang, Bogor atau di sekitaran pusat kota bogor juga sudah banyak yang menjajakan hidangan lezat satu ini.

3. Asinan Bogor

Untuk kamu para pecinta asinan atau rujak, jangan sampai melewatkan kudapan satu ini. Asinan memiliki rasa yang unik perpaduan antara pedas manis dan asin yang menyatu saat disantap.

Salah satu toko asinan yang terkenal di Bogor yakni Asinan Sedap Gedung Dalam di Jalan Siliwangi No 27, Bogor Timur. Buka dari pukul 09:00 – 21:00, kamu dapat memperoleh varian asinan serta manisan yang berbahan dasar buah segar langsung dari pusatnya.

4. Kue Cubit Bogor

Kue cubit adalah salah satu andalan buah tangan dari kota Bogor yang nikmat dan unik. Ukuran kue ini cukup mungil dan tekstur yang lembut sangat pas bila ditemani dengan secangkir kopi atau teh hangat. Selain coklat dan keju, kamu juga dapat mencoba berbagai rasa kekinian seperti bubblegum, taro, red velvet dan masih banyak lagi.

Toko kue cubit di Bogor yang terkenal salah satunya adalah Bitten By You. Lokasinya di Jl. Pandu Raya No.45A, Bogor Utara. Mulai dari Rp8.000 per kotak dengan isi 7-8 buah kamu sudah bisa membawa pulang oleh-oleh ini.

5. Bolu Lapis Bogor

Lapis Bogor menjadi oleh-oleh wajib selanjutnya. Dan yang konsisten menyuguhkan cita rasa talas yang nikmat adalah Lapis Sangkuriang yang sekaligus penggagas pertama lapis yang berbahan dasar talas.

Kamu dapat memilih topping keju, choco chip hingga rainbow chip. Dengan dominasi warna kuning dan ungu, Bolu Lapis Bogor Sangkuriang ini dapat dengan mudah ditemukan di sekitaran kota Bogor.

6. Macaroni Panggang Bogor

Kudapan ini menyerupai macaroni schotel namun mempunyai tekstur yang lebih garing dan lembut di dalamnya. Dihidangkan dengan parutan keju yang terbakar lengkap dengan isian daging dan makaroni pastinya akan membuat wisatawan banyak memborongnya.

Rekomendasi tempat kamu bisa coba pergi ke toko Macaroni Panggang di Jalan Salak No 24, Babakan , di depan Taman Kencana. Disamping itu, kamu juga bisa menambah oleh-oleh makanan lainnya seperti ontbijtkoek (kue kayu manis) dan ketan bambu.

7. Kacang Bogor

Kacang Bogor agak cukup berbeda dibanding kacang jenis lainnya. nampaknya. Karena  kacang unik ini berbentuk bulat dan mempunyai warna ungu yang tentu saja jauh dari kriteria kacang pada umumnya.

Tidak hanya direbus, kacang Bogor telah diolah lebih garing sehingga lebih tahan lama untuk dibawa setelah oleh-oleh. Selain rasa original, kamu juga bisa coba varian rasa lain seperti balado atau keju.

 

1
/
2