Onderdil Mobil Retro Jadi Incaran Pencinta Otomotif, Dijual Mulai Rp10 Ribu

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Sabtu 03 September 2022 20:11 WIB
Onderdil Mobil Retro Jadi Incaran Pencinta Otomotif, Dijual Mulai Rp10 Ribu
Onderdil Mobil Retro Jadi Incaran Pencinta Otomotif, Dijual Mulai Rp10 Ribu. (Foto:celebrities.id/MPI Muhammad Fadli Ramadhan)

JAKARTA, celebrities.id - Otobursa Tumplel Blek kembali hadir tahun ini setelah absen dalam dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19. Tahun ini, ajang jual-beli produk otomotif digelar di lokasi yang sama, Parkir Timur Senayan, Jakarta Selatan pada 3-4 September.

Surganya para pencinta otomotif ini kembali menghadirkan berbagai onderdil dan produk otomotif, mulai dari yang terkini hingga kendaraan tua.
Produk mobil retro menjadi yang paling dicari oleh para pengunjung karena apa yang mereka jual sangat jarang ditemukan di bengkel mainstream.

Salah satu booth 4WD n Retro yang sudah mengikuti event Tumplek Blek sejak pertama kali diselenggarakan pada 2003 menuturkan bahwa peminat onderdil mobil tua masih sangat banyak.

"Saya menjual berbagai onderdil mobil-mobil tua, campuran ada dari Eropa dan Jepang. Tapi saya fokus di Jeep dan sedan. Barang yang saya jual di sini tidak mahal, yang penting cepat laku. Paling murah ada reflektor atau mata kucing, itu saya jual Rp10 ribu saja," kata Somad selaku pemilik 4WD n Retro, Sabtu (3/9/2022).

"Paling mahal di sini ada gardan punya Jeep Utility, kodenya Jeef M151, ini barang langka, susah carinya. Saya jual Rp15 juta murah saja," ujarnya.

Orderdil yang dijual oleh 4WD n Reteo juga orisinil karena diambil dari Singapura dan Malaysia. Aturan batas maksimum kendaraan bermotor di negara tersebut membuat onderdil mobil-mobil tua berlimpah.

"Saya dapat barangnya dari teman yang bolak-balik Malaysia. Di sana kan ada batas penggunaan, jadi barang-barang seperti ini di sana dianggap sampah jadi dijual murah. Tapi biaya kirim dan cukai jadi naik harganya saat masuk ke Indonesia," ujar Somad.

Bukan hanya untuk mesin, 4WD n Retro juga menjual aksesoris lainnya seperti setir, bemper, lampu depan, lampu belakang, speedometer, dan emblem. Sejauh ini, Somad menuturkan onderdil mobil Jepang paling banyak dicari. Tapi tak jarang pencinta mobil Eropa mencari beberapa sparepart yang sulit ditemukan.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra