Opie Kumis Habiskan Rp2 Miliar untuk Bangun Pesantren, Gratis untuk Anak Yatim Piatu

Hasyim Ashari
Jumat 13 Mei 2022 17:45 WIB
Opie Kumis Habiskan Rp2 Miliar untuk Bangun Pesantren, Gratis untuk Anak Yatim Piatu
Opie Kumis bangun pesantren gratis untuk anak yatim piatu. (Foto: celebrities.id/Instagram)

JAKARTA, celebrities.id - Opie Kumis diam-diam membangun pondok pesantren di kawasan Cimande, Sukabumi, Jawa Barat. Opie mengaku, pesantren tersebut sudah dibangun sejak dua tahun lalu dengan menelan biaya Rp2 miliar.

"Itu pesantren kira-kira dua tahun lalu sudah jadi. Kalo ditotal-total udeh habis Rp2 miliar sekian lah," kata Opie Kumis dalam video yang diunggah di kanal YouTube Star Pro, Jumat (13/5/2022).

Lebih lanjut, komedian bernama asli Muchtar Lutfi itu menjelaskan saat ini pesantren itu sudah dihuni sekitar 40 orang santri. Opie pun menegaskan tidak menuntut biaya alias gratis, terlebih bagi anak yatim piatu.

"Sekarang santrinye ade 40 orang, itu enggak bayaran untuk yatim piatu. Jadi kite makan segale macem putra putri ade semuanye. Seperak pun gak dipungutin bayaran," kata Opie.

Rupanya, Opie membangun pesantren itu karena mendapat tanah wakaf seluas 3 ribu meter dari seorang kiai. Dia dipercaya untuk membangun apapun dari tanah tersebut.

"Kebetulan ada kiai sana wakafin tanah, kebetulan gue kenal sama anaknya. Ini babehnya bilang 'Saya wakafin tanah 3 ribu meter, terserah mau dibikin apa saja. Mau bikin villa silahkan. Opie pakai saja'," ujar Opie.

Setelah pesantren itu usai dibangun, Opie mengatakan bahwa dia tidak mengelola pesantren tersebut. Dia menyerahkan pengelolaan kepada salah satu anak yang mewakafkan tanah tersebut.

"Gue (bantu cariin dana) dari teman ke teman. Setelah itu yang pegang anak kiai di sana. Karena itu wakaf dari bapaknya. Jadi kita kasih ke dia," ujar Opie.

Editor : Tia Ayunita