OPPO Reno7 Z 5G Janjikan Kamera Ciamik dan Main Game Asyik, Intip Spesifikasinya

Tangguh Yudha
Jumat 25 Maret 2022 11:40 WIB
OPPO Reno7 Z 5G Janjikan Kamera Ciamik dan Main Game Asyik, Intip Spesifikasinya
OPPO Reno7 5G janjikan kamera ciamik dan main games asyik. (Foto: celebrities.id/Tangguh Yudha)

JAKARTA, celebrities.id - OPPO Reno7 Z 5G telah hadir di Indonesia. Smartphone ini bisa dibeli dengan harga Rp5,999 juta.Ā 

Lantas seperti apa kemampuan smartphone yang masuk ke dalam kategori menengah ke atas ini? Simak review berikut.

Kelengkapan

OPPO Reno7 Z 5G dibungkus dengan box berwarna hijau. Ketika box dibuka, kami menemukan sejumlah kelengkapan seperti silicon case, charger SuperVOOC 33W, kabel type-C, SIM ejector, dan buku panduan.

Desain dan Layar

OPPO Reno7 Z 5G memiliki dimensi 159,85mm x 73,17mm x 7,49-7,55mm dengan bobot yang cukup ringan, yakni hanya 173 gram saja. Warnanya tersedia dalam dua pilihan, yakni Rainbow Spectrum dan Cosmic Black.

Untuk review kali ini, varian warnanya adalah Rainbow Spectrum. OPPO menggunakan teknologi tekstur tiga lapis dan proses pelapisan yang memberi hasil akhir matte pada cover belakang.

Jika terkena cahaya, cover belakang generasi terbaru Reno ini akan memantulkan banyak warna yang berubah-ubah, tergantung dari sudut pandang mana melihatnya. Warna ini cocok untuk kalian yang ingin tampil mencolok.

Untuk desainnya, OPPO Reno7 Z 5G punya desain Ultra-Slim Retro Design dengan bingkai samping yang datar. Berkat desain yang diusung ini, membuat smartphone mantap dan nyaman untuk digenggam meski dalam penggunaan yang lama.

Pada sisi kanan OPPO Reno7 Z 5G terdapat tombol power dan di sisi kirinya bercokol volume up – down beserta tray SIM. Untuk sisi atas dibiarkan kosong dan di sisi bawah terdapat port USB-C, port jack audio, dan juga speaker.

Cover belakangan smartphone anyar ini juga terdapat Dual Orbit Light. Dual Orbit Light merupakan dua buah lampu yang akan menyala ketika ada notifikasi masuk. Fungsi Dual Orbit Light ini dapat disesuaikan.

Di sektor layar, OPPO Reno7 Z 5G memakai panel AMOLED Full HD+ (2.400 x 1.080 piksel) berukuran 6.4 inci. Layar ini juga sudah didukung refresh rate 60 Hz dan touch sampling rate 180 Hz.

Tampilan layarnya jernih. Warna yang dihasilkan juga cerah dengan kontras yang tinggi, meski di bawah matahari sekalipun. Selama kami menggunakannya cukup puas. Layar juga tidak menyebabkan mata lelah meski ditatap dalam waktu lama.

Kamera

OPPO Reno7 Z 5G dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64MP, kamera makro dan kamera depth 2MP. Tidak hanya itu, OPPO juga turut menyematkan kamera selfie 16MP.

Jajaran kamera ini didukung sejumlah fitur yang telah ditingkatkan dari pendahulunya, salah satunya adalah fitur Portrait Mode dengan hasil bokeh. Menjadikannya semakin lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan fotografi.

Di sektor video, OPPO Reno7 Z 5G dibekali dengan fitur Steady Video 3.0 yang mampu meredam guncangan saat mengambil gambar.

Berikut hasil tangkapan kamera OPPO Reno7 Z 5G:

Secara keseluruhan, kemampuan kamera OPPO Reno7 Z 5G sudah sangat mumpuni dan tak perlu diragukan lagi. Dengan pencahayaan yang cukup, foto yang dihasilkan begitu jernih dengan koreksi warna yang lumayan akurat.

Untuk foto dengan objek yang rapat, OPPO Reno7 Z 5G mampu memberikan detail yang tajam. Fitur 6x zoom yang tersedia juga bukan kaleng-kaleng, hasil foto zoom dengan foto normal tidak ada perbedaan yang signifikan, foto tetap tajam.

Di kondisi minim cahaya juga OPPO Reno7 Z 5G masih bisa memberikan hasil yang maksimal, hampir tidak ada noise jika memanfaatkan mode malam. Untuk foto selfie dengan background bokeh juga sudah lebih baik dari generasi sebelumnya.

Transisi antara objek dan background sudah cukup halus meskipun dengan detail yang sangat kecil sekalipun, seperti rambut. AI pada kamera OPPO Reno7 Z 5G ini sudah mampu membedakan objek dengan background dengan baik.

Jika boleh jujur, kamera smartphone ini sudah menawarkan kualitas jempolan. Tinggal bagaimana pengguna memainkan perannya untuk menghasilkan foto atau video dengan kualitas maksimal.

Performa

Dalam menopang performanya, OPPO Reno7 Z 5G mengandalkan prosesor Snapdragon 696. Prosesor tersebut disandingkan dengan RAM 8GB yang dapat diperbesar hingga 5GB serta penyimpanan Internal 128GB.

Rangkaian hardware ini menghasilkan performa yang sangat responsif dan ringan, bukan hanya untuk membuka aplikasi sehari-hari tapi juga game berat. Kami melakukan pengujian dengan bermain PUBG Mobile dan game AAA, Genshin Impact.

Ketika bermain PUBG Mobile, FPS yang mampu dihasilkan adalah High dengan pengaturan grafik HD. Jika FPS tersebut dirasa masih kurang, bisa diubah ke Ultra, namun dengan pengaturan grafik Balanced.

Game PUBG Mobile berjalan dengan lancar dan ringan di OPPO Reno7 Z 5G ini. Saat masuk ke game loadingnya cukup cepat, selain itu suhunya pun tidak mengalami perubahan signifikan meskipun game dijalankan cukup lama.

Di game Genshin Impact, juga menyajikan pengalaman gaming yang ajib. Smartphone mampu menjalankannya dengan sangat halus meski pengaturan diubah ke kualitas paling tinggi, bahkan dengan FPS digeser ke 60.

Yang menarik di sini adalah OPPO Reno7 Z 5G tidak mengalami overheating. Padahal di smartphone yang menggunakan hardware lebih tinggi, smartphone akan sangat panas memainkan Genshin Impact meski hanya dalam waktu tak sampai 30 menit.

Berikut beberapa hasil pengujian performa OPPO Reno7 Z 5G dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark, seperti AnTuTu, Geekbench dan PCMark.

Ā 

1
/
2