Orang Obesitas Sangat Rentan Terinfeksi Covid-19, Kenapa?

Muhammad Sukardi
Senin 19 Juli 2021 14:21 WIB
Orang obesitas sebagai orang dengan risiko tinggi Covid-19. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Orang dengan penyakit dalam lebih rentang terpapar Covid-19. Hal ini mungkin sudah sering kali didengar. 
Bahkan, sejak awal pandemi Covid-19, pakar kesehatan mengelompokkan lansia dan orang obesitas sebagai orang dengan risiko tinggi Covid-19. Dua kelompok itu diketahui memiliki kondisi tubuh yang lemah dalam melawan serangan virus.

Pada kelompok lansia misalnya, seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh melemah dan ini membuat para lansia rentan terhadap berbagai penyakit, tak hanya Covid-19. Dan orang dengan obesitas pun memiliki karakteristik tubuh yang dapat memperburuk perubahan imunologi serupa, termasuk mereka yang berusia muda namun obesitas.

"Obesitas mempercepat proses rusaknya kekebalan tubuh karena peradangan," kata Kenneth Walsh, seorang profesor biokimia dan genetika molekuler di Fakultas Kedokteran Universitas Virginia, dikutip dari Scientific American, Senin (19/7/2021).

Dalam tubuh yang sehat, jaringan adiposa berperan positif dan berfungsi sebagai penyimpan energi pada saat terjadi kelangkaan pangan. 

Jaringan lemak juga penuh dengan sel-sel sistem kekebalan tubuh. Pada orang yang sehat, mereka mengeluarkan faktor anti-inflamasi dan protektif, tetapi mereka yang obesitas kebalikannya.

"Jika jaringan lemak menjadi tidak sehat seperti yang dialami orang obesitas, itu menjadi disfungsional atau tidak berfungsi dan malah mengeluarkan hormon atau sinyal kimia lain yang memicu peradangan kronis tingkat rendah," ujar Walsh.

Peradangan kronis yang terjadi pada orang obesitas meningkatkan risiko sejumlah masalah termasuk penyakit autoimun, kanker tertentu, penyakit jantung, pankreas, masalah paru-paru dan sistem reproduksi.

"Ini mungkin juga alasan mengapa indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi dikaitkan dengan hasil yang lebih buruk dari penyakit menular termasuk Covid-19," kata Walsh.

 

1
/
2