Orangtua Harus Tahu, Begini Cara Bijak Mengatur Penggunaan Gadget pada Anak 

Laras Dwi Sasmita
Rabu 03 Agustus 2022 20:31 WIB
Orangtua Harus Tahu, Begini Cara Bijak Mengatur Penggunaan Gadget pada Anak 
Sebagai orangtua, ibu perlu memerhatikan dan memberikan batasan penggunaan ponsel pada sang buah hati. (Ilustrasi: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Fenomena anak-anak di bawah umur memegang ponsel sudah kian lazim terjadi di masyarakat. Sebagai orangtua, ibu perlu memerhatikan dan memberikan batasan penggunaan ponsel pada sang buah hati.

Iswan Saputro selaku ahli Psikolog mengatakan, pembatasan dalam penggunaan gadget bagi anak-anak sangat penting. Menurutnya, langkah yang perlu dilakukan adalah melatih daya kontrol diri sang anak dengan memberikannya sebuah peraturan sederhana sebelum menggunakan gadget.  

"Melatih kontrol diri anak. Kontrol diri ini misalnya boleh mengakses gadget setelah bantu ibu menyiram tanaman. Jadi, anak belajar konsekuensi, anak sebelum melakukan sesuatu harus ada sesuatu yang dilakukan," kata Iswan Saputro dikutip dari Live Instagram @celebritiesdotid, Rabu (3/8/2022). 

Menurut Iswan Saputro penting bagi orang tua memberikan pembelajaran atau peraturan yang tidak sulit menyesuaikan daya pikir anak yang sederhana. Sehingga dengan diberikannya peraturan tersebut anak akan belajar mengontrol dirinya supaya tidak kecanduan bermain gadget. 

"Karena kita tidak bisa memperlakukan anak seperti orang dewasa berbadan kecil. Jadi kita harus memahami pola pikiran mereka sederhana maka kita bikin rulenya yang sederhana tidak harus kompleks. Kontrol diri itu melatih menunda dulu," katanya.

Editor : Andre Purwanto