Orangtua Korban Gagal Ginjal Akut Ungkap Gejala yang Dialami sang Anak sebelum Meninggal

Icon CameraKevi Laras
Jumat 18 November 2022 20:48 WIB
Orangtua Korban Gagal Ginjal Akut Ungkap Gejala yang Dialami sang Anak sebelum Meninggal
Orangtua Korban Gagal Ginjal Akut Ungkap Gejala yang Dialami sang Anak sebelum Meninggal. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Salah satu orangtua dari korban gagal ginjal akut (GGA), Safitri menjelaskan gejala yang dialami anaknya, sebelum meninggal dunia.

Dia mengatakan demam sebagai gejala pertama yang dirasakan sang anak pada awalnya, kemudian di bawa ke dokter. Setelah diperiksa, anaknya pun diresepkan obat tablet. Pada pemeriksaan kedua pada 26 Agustus, anaknya tidak mengalami perbaikan.

Diberikan resep kedua dengan obat sirup Paracetamol, yang dikatakan Safitri merupakan produksi dari PT AFI Farma.

"Kami pakai AFI Farma sediaan cair. Kalau itu namanya paracetamol, itu obat generik dia tidak ada merek dagang," kata Safitri dalam Media Briefing Korban Gagal Ginjal Akut Menggugat di Jakarta, Jumat (18/11/2022)

Safitri menjelaskan saat demam, dia hanya memberikan sejumlah perawatan alami, seperti memberikan air putih, menggantikan baju, dan sebagainya. Sayang, perawatan tersebut tak mempan dan sang anak tetap demam sampai 40,5 derajat celcius.

Lebih lanjut, dia mengatakan sang anak juga sempat mengalami MIS-C (Multisystem Inflammatory Syndrome Children). Suatu tanda dan gejala penyakit karena leukositnya mencapai 50 ribu, dan anak juga mengalami penurunan buang air kecil (BAK). Dia juga menegaskan bahwa sang anak telah divaksinasi, sebab usianya sudah delapan tahun.

“Sempat PCR dan hasilnya negatif. Tidak ada tanda-tanda Covid-19 dan anak saya sudah vaksin,” kata Safitri.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra