Pakar Ilmu Budaya Sebut Sumber Sejarah Dapat Diketahui dari Lirik Lagu, Ini Faktanya

Aan Haryono
Selasa 12 April 2022 18:21 WIB
Pakar Ilmu Budaya Sebut Sumber Sejarah Dapat Diketahui dari Lirik Lagu, Ini Faktanya
Pakar ilmu budaya sebut sumber sejarah dapat diketahui dari lirik lagu, ini faktanya. (Foto:celebrities.id/Freepik)

SURABAYA, celebrities.id - Penelusuran jejak-jejak terhadap sejarah ternyata bisa dilakukan dengan beragam cara. Dosen Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga, Prof Dr Purnawan Basundoro menyebut salah satu sumber sejarah itu bisa diketahui melalui lirik lagu.

Prof Purnawan mengajak masyarakat untuk memahami lirik lagu dari perspektif sejarah dan menjadi rujukan sumber sejarah. Sebab, peneliti asing sudah lama memakai musik sebagai narasi sejarah. Hal tersebut terbukti dengan musik tembang Jawa pada periode Mataram, yang dilakukan oleh Ricklefs dalam meneliti sejarah Jawa.

Lagu-lagu populer (pop) yang masih dan pernah didengar masyarakat akan diangkat sebagai narasi sejarah. Menurutnya, di antara banyak yang bertema percintaan, selalu ada lagu yang membahas tentang realitas. Misalnya, peristiwa sejarah, terkini masyarakat, atau yang menjadi perhatian publik. Itu disebut balada.

“Tahun 1950an sampai 1980an, terdapat banyak lagu yang mengacu kepada realitas masa lalu. Ia (lagu-lagu, Red) memotret dan mencerminkan kehidupan masyarakat di masa itu,” kata Prof Purnawan, Selasa (12/4/2022).

Di Indonesia sendiri ada banyak pencipta atau penyanyi lagu balada. Beberapa diantaranya adalah Jane dan Franky, Iwan Fals, Ebiet G. Ade, Rita Rubby, Ully Sigar, serta Benyamin S dan Rhoma Irama.

Purnawan lalu memberikan dua poin sumber sejarah yang jarang diteliti, namun ada sumbernya melalui lagu-lagu. Pertama adalah pemanfaatan sejarah orang kecil atau pinggiran, seperti tukang becak. Ibu Sud pernah menyanyikan lagu tukang becak. Termasuk Benyamin dan Ebiet.

 

1
/
3