Panduan Cara Pakai Retinol untuk Pemula, Pastikan Gunakan secara Bertahap

Litbang MPI
Kamis 04 Agustus 2022 23:29 WIB
Panduan Cara Pakai Retinol untuk Pemula, Pastikan Gunakan secara Bertahap
Panduan Cara Pakai Retinol untuk Pemula. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Panduan cara pakai retinol untuk pemula wajib diketahui. Seperti diketahui, akhir-akhir ini penggunaan retinol sedang trend di kalangan pecinta skincare.

Hampir mirip dengan retinoid, retinol merupakan bahan turunan vitamin A. Bahan ini merupakan senjata yang cukup ampuh untuk menangani berbagai masalah kulit, seperti menyamarkan noda hitam, bekas jerawat, hingga anti-aging. Oleh sebab itu, banyak produk perawatan kulit yang menambahkan retinol dalam komposisinya.

Dalam penggunaannya, produk ini tentunya memiliki manfaat dan efek samping. Untuk mencegah atau mengurangi efek samping tersebut, ada tips dan panduan cara pakai yang harus diikuti. Bagi kamu yang baru memakai zat ini, berikut panduan cara pakai retinol untuk pemula.

Panduan Cara Pakai Retinol untuk Pemula

1. Pemakaian bertahap

Walaupun sejenis dengan retinoid, retinol memiliki waktu kerja yang lebih lama. Dilansir dari laman Healthline, khasiat dari penggunaan retinol kurang lebih akan terlihat dalam 12 minggu pemakaian. Untuk kondisi seperti penuaan akan dibutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan bekas jerawat dan noda hitam.

Pada awal pemakaian, kulit akan beradaptasi dengan zat aktif ini. Retinol mungkin akan memberikan efek samping berupa kulit kering hingga kemerahan, namun efek tersebut akan hilang setelah beberapa minggu penggunaan rutin. Mulailah dari penggunaan retinol dengan tingat konsentrasi rendah, yaitu sekitar 0,2 persen. Setelah kulit beradaptasi, penggunaan konsentrasi retinol dapat ditingkatkan secara perlahan.

2. Gunakan sunscreen saat keluar ruangan

Paparan sinar matahari dapat membuat efek buruk pada kulit. Selain itu, sinar matahari juga dapat memperburuk efek samping retinol karena kulit akan menjadi lebih sensitif. Maka dari itu, penting untuk menggunakan sunscreen saat ke luar ruangan, setidaknya dengan SPF 30. Untuk meminimalisir risiko, akan lebih baik jika menggunakan sunscreen dengan mineral-based.

3. Gunakan di malam hari

Waktu yang tepat untuk penggunaan retinol adalah malam hari. Hal ini untuk menghindari paparan sinar matahari yang memperburuk efek samping retinol. Mulailah pada pemakaian dua kali seminggu setiap malam dan tingkatkan waktu pemakaian secara perlahan.

4. Urutan pemakaian

Jika kamu rutin eksfoliasi dan menggunakan toner, kamu dapat menggunakan retinol setelah kedua tahap itu. Akan lebih baik jika retinol digunakan 30 menit setelah cuci muka karena hal itu dapat meringankan iritasi kulit. Setelah pemakaian retinol, barulah produk-produk pencerah seperti serum dan krim malam dapat digunakan.

5. Jangan lupa gunakan pelembap

Salah satu efek samping retinol adalah membuat kulit kering. Untuk mengatasi hal itu, wajib hukumnya untuk menggunakan pelembap agar kulit tetap terhidrasi. Pakailah beberapa menit setelah menggunakan retinol sehingga kulit bisa menyerap manfaat retinol dengan baik.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra