Pantai Tanjung Api, Tempat Indah Mengintip Bayi Penyu  

Uun Yuniar
Rabu 09 Juni 2021 07:40 WIB
Anak penyu alias tukik yang baru menetas berusaha masuk ke air laut. (Foto: celebrities.id/Instagram @chichiboedhiman)

SAMBAS, celebrities.id - Pantai Tanjung Api, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, menjadi destinasi wisata konservasi yang menarik. Siklus tetas penyu dari berbagai varietas bisa diamati secara menarik di sana.

Para pengunjung lokal biasanya sudah menghafal bulan siklus penetasan telur penyu yang berlangsung pada Maret hingga Agustus tiap tahunnya. Senja hari menjadi waktu yang tepat untuk datang ke tepian Pantai Tanjung Api karena satwa langka ini aktif bertelur mulai dari terbenamnya matahari hingga terbit kembali.

“Jenis penyu yang bertelur di sini adalah penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang, dan penyu belimbing,” ujar Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Kambau  Borneo Muraizi.

Prosesnya dimulai ketika kawanan penyu membuat lubang di sepanjang pasir putih pantai. Muraizi menjelaskan jika wisatawan rata-rata harus sabar menunggu prosesnya antara 1-3 jam karena jumlah telurnya bisa mencapai 80-140 butir. 

Setelah seluruh telur selesai dikeluarkan dari tubuh induk penyu, petugas langsung memindahkannya ke tempat yang lebih aman. Cara ini supaya telur terhindar dari hewan predator, air laut pasang hingga pencurian oleh manusia.

Pemerintah Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat memang mencanangkan penyu sebagai ikon wisata. Penyu diusulkan sebagai ikon karena di wilayah kabupaten tersebut terdapat pantai peneluran penyu terpanjang di Indonesia yang membentang di pesisir Kecamatan Paloh, hingga perbatasan dengan Malaysia di Tanjung Datuk. 

 

1
/
2