Pantangan Ibu Hamil 3 Bulan, Dilarang Makan Sembarangan hingga Olahraga Berat

Syifa Fauziah
Rabu 03 Agustus 2022 21:51 WIB
Pantangan Ibu Hamil 3 Bulan, Dilarang Makan Sembarangan hingga Olahraga Berat
Pantangan Ibu Hamil Tiga Bulan. (Foto:celebrities.id/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Pantangan ibu hamil tiga bulan wajib diketahui bagi setiap pasangan, khususnya wanita yang tengah berbadan dua. Pasalnya, memasuki masa kehamilan, setiap ibu pasti akan menjaga kandungan mereka dengan sangat baik agar selalu sehat.

Pada trimester awal kehamilan, biasanya kandungan masih sangat rentan. Untuk itu banyak pantangan ibu hamil saat usia kandungan tiga bulan. Bisanya pantangan tersebut cukup banyak, mulai dari makanan hingga aktivitas yang harus dihindari ibu hamil. Kendati demikian, ibu hamil juga harus rutin konsultasi dengan dokter agar kehamilannya tetap sehat.

Nah kali ini, Celebrities.id akan merangkum 13 pantangan yang tidak boleh dilakukan ibu hamil di usia kandungan tiga bulan. Apa saja yah? Berikut ulasannya dari berbagai sumber, Rabu (3/8/2022).

Pantangan Ibu Hamil Tiga Bulan

1. Merokok

Hal penting yang harus dihindari saat mengandung adalah merokok. Sebab kandungan nikotin dalam rokok dapat masuk ke plasenta dan terserap oleh janin. Akibatnya ibu akan mengalami pendarahan dan terjadi kelahiran prematur. Selain itu ibu hamil juga harus menghindari paparan asap rokok yang berpengaruh pada kesehatan ibu dan janin.

2. Mengonsumsi makanan mentah

Bagi sebagian orang, mengonsumsi daging mentah seperti sushi dan daging merah sangatlah lezat. Namun makanan tersebut perlu dihindari ketika sedang hamil di trimester pertama. Makanan mentah mengandung bakteri yang menyebabkan toksoplasmosis. Bakteri tersebut dapat menyebabkan kelainan pada pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Festival Teh dan Kopi, jadi daya tarik pariwisata di Solok Selatan. (Foto: Freepik)
Pantangan Ibu Hamil Tiga Bulan. (Foto:celebrities.id/Freepik)

3. Konsumsi kafein

Sebenarnya mengonsumsi nikotin bagi ibu hamil boleh-boleh saja. Namun harus dibatasi sebab dapat menimbulkan kontraksi palsu pada janin. Kafein biasanya ditemukan dalam teh, kopi, minuman ringan, coklat, dan lain-lain.

4. Mengonsumsi Alkohol

Alkohol jenis minuman yang dilarang dikonsumsi, baik hamil ataupun tidak. Bagi ibu yang sedang hamil tiga bulan dan mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan bayi mengalami fetal alcohol syndrome yang ditandai dengan kelainan fisik, kecacatan intelektual, hingga perkembangan organ vital yang terlambat.

 

1
/
3