Pariwisata Malang Mulai Bangkit, Dikunjungi 5,9 Juta Wisatawan dan 109 Turis Asing

Avirista Midaada
Selasa 02 Agustus 2022 18:35 WIB
Pariwisata Malang Mulai Bangkit, Dikunjungi 5,9 Juta Wisatawan dan 109 Turis Asing
Pariwisata di Kota Malang mulai bangkit. (Foto: celebrities.id/Avirista Midaada)

MALANG, celebrities.id - Pelonggaran aturan perjalanan imbas turunnya kasus Covid-19 berimbas pada lonjakan kunjungan wisatawan di Kota Malang selama semester pertama 2022. Tercatat, Januari - Juni 2022 ada 5,9 juta wisatawan yang berkunjung ke Malang. 

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengungkapkan, lonjakan wisatawan ini diakui melampaui target tiga kali lipat dari Disporapar Kota Malang, karena masih berada di masa pandemi Covid-19. Pihak Disporapar awalnya menargetkan ada 1,9 juta wisatawan berkunjung ke Kota Malang, atau mengalami kenaikan hampir tiga kali lipat.

“Semula kami perkiraan masyarakat masih ragu beraktivitas karena pandemi, ternyata situasinya semakin baik. Lonjakan tamu terjadi sejak Maret lalu,” kata Ida Ayu ditemui di Malang, Selasa (2/8/2022).

Menurutnya, data wisatawan itu berdasarkan jumlah tamu yang menginap di seluruh hotel maupun penginapan yang ada di Kota Malang. Dari jumlah 5,9 juta wisatawan itu, baru 109 wisatawan mancanegara yang tercatat datang ke Kota Malang. 

“Tamu hotel itu didominasi kegiatan pertemuan rapat. Biasanya kan usai pertemuan mereka juga berwisata,” ujar dia.

Jumlah ini diperkirakan masih akan terus meningkat selama triwulan kedua di bulan Juli sampai Oktober 2022. Pasalnya suguhan sejumlah event wisata hingga keberadaan kampung tematik yang bersolek. Selain itu kemunculan Kayutangan Heritage juga turut menaikkan jumlah wisatawan yang datang.

 

1
/
2