Parkiran Sepeda di Stasiun Jabodetabek Tidak Aman, Komunitas B2W Catat 27 Unit Hilang

Ari Sandita
Sabtu 17 September 2022 21:52 WIB
Parkiran Sepeda di Stasiun Jabodetabek Tidak Aman, Komunitas B2W Catat 27 Unit Hilang
Komunitas B2W sebut parkiran sepeda di stasiun jabodetabek tidak aman. (Foto: celebrities.id/Ari Sandita)

JAKARTA, celebrities.id - Ketua Umum Bike to Work (B2W) Indonesia, Fahmi Saimima mengatakan, sejak April 2021 silam hingga tahun 2022 ini tercatat ada 27 unit sepeda milik pesepeda yang hilang di area parkir Stasiun Jabodetabek. Hal itu berdasarkan laporan dari korban yang sepedanya hilang ke B2W Indonesia.

"27 sepeda hilang sejak April tahun 2021. Kami tak melihat itu sebuah komunitas atau apa yah, ketika orang melakukan mobilitas dengan sepeda kami anggap mereka pesepeda, penggiat pesepeda," ujarnya, Sabtu (17/9/2022).

Menurutnya, saat menerima laporan itu, B2W pun memberikan advokasi dan mendatanya. Adapun potensi kehilangan sepeda di area Stasiun kawasan Jabodetabek tinggi lantaran fasilitas parkir sepeda tak menunjang dengan baik, baik dari segi parkiran tak terpantau petugas, lokasinya jauh, hingga tak adanya parkiran sepeda hingga membuat pesepeda memarkirkan sepedanya di dekat pagar atau pohonan.

"Mereka (pesepeda) tak punya media tuk buat sepedanya selamat. Saya perhatikan yang paling gampang dicuri di tempat-tempat yang tak terlindungi keamanan dan tempat itu menjadi rawan padahal fasilitas publik gitu, disinilah bike to work menyuarakan agar fasilitas publik harus ramah sepeda termasuk fasilitas transportasi berupa stasiun," tuturnya.

Dia menambahkan, 27 unit sepeda yang hilang itu, umumnya terjadi di 10 Stasiun Jabodetabek, seperti Bogor, Tangerang dan Stasiun yang mengarah Depok. Titik Stasiun itu termasuk ramai tapi rawan lantaran meski ramai orang tak menyadari atau peduli dengan sepeda.

"Mereka (sepeda) gak bayar jadi yah mereka (masyarakat) mau tonton itu sepeda-sepeda siapa juga gak peduli akhirnya tingkat kehilangannya tinggi," katanya.

 

1
/
2