Pasar Elevator Naik Signifikan Sepanjang 2022, Banyak Influencer Memasang di Rumah

Icon CameraErfan Erlin
Senin 16 Januari 2023 21:18 WIB
Pasar Elevator Naik Signifikan Sepanjang 2022, Banyak Influencer Memasang di Rumah
Pasar Elevator Naik Signifikan Sepanjang 2022, Banyak Influencer Memasang di Rumah. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Pasar elevator, lift ataupun eskalator mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan selama 2022. Pertumbuhan signifkan tersebut berbanding lurus dengan kondisi ekonomi masyarakat yang mulai pulih paska diguncang Covid-19.

Managing Director Kone Indonesia, Budi Silaban mengatakan ekonomi Indonesia akan bertumbuh bahkan empat besar pada 2035. Sementara itu saat ini ekonomi Indonesia masih berada di nomor 10, namun dia yakin pertumbuhan ekonomi akan semakin meningkat.

"Hal ini tentu didukung oleh kestabilan politik. Kalau ekonomi tumbuh maka customer tumbuh," kata Budi saat meresmikan kantor cabang Kone di Yogyakarta, Senin (16/1/2023).

Budi mengatakan Kone telah memiliki enam kantor cabang diantaranya adalah Jakarta, Bandung, Yobyakarta, Semarang, Surabaya dan Makassar. Keenamnya tumbuh dengan karakterisrik masing-masing. Dia menambahkan selama ini pertumbuhan pasar elevator memang masih tertinggi di Jakarta. Namun demikian dia tidak ingin mengesampingkan kota-kota yang lain. Karena faktanya juga mengalami pertumbuhan seiring membaiknya ekonomi di kota tersebut.

"Kita contohkan DIY, penopangnya adalah pendidikan dan pariwisata. Kondisi ini sama dengan Surabaya," ujarnya.

Budi mengakui jika penopang pertumbuhan Kone adalah pembangunan infrastruktur yang masif di dunia pendidikan dan juga pariwisata. Di mana banyak kampus dan juga hotel yang berdiri sehingga membutuhkan produk mereka. Untuk DIY sendiri, beberapa bangunan sudah menggunakan produk Kone. Di antaranya hotel JW Marriot Yogyakarta, hotel royal Malioboro, Hotel grand Dafam baru di Kulonprogo, beberapa cabang Natasha Skincare ataupun kampus UAD.

"Sebenarnya segmen kita cukup banyak. Dan relokasi kantor cabang Yogyakarta ini untuk mendekatkan diri ke konsumen," tuturnya.

Budi menyebut selain bangunan kampus ataupun hotel, salah satu penyokong pertumbuhan bisnis mereka adalah segmen personal alias pribadi. Cukup banyak anggota masyarakat yang akhirnya memasang elevator di rumah mereka. Sebagian besar dari konsumen mereka adalah para influencer yang memang memiliki penggemar fanatik.

Tak hanya di Jakarta yang didominasi para artis, di DIY sendiri juga ada pelanggan personal yang sengaja memasang elevator di kediaman mereka.

"Pokoknya ada (pelanggan personal) di DIY. Detailnya siapa, tidak bisa kami sebutkan," katanya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Follow Berita Celebrities di Google News