Pasar Taksi Udara Diprediksi Meningkat, Efektif Kurangi Kemacetan Lalu Lintas  

Bertold Ananda
Rabu 12 Januari 2022 17:28 WIB
Pasar Taksi Udara Diprediksi Meningkat, Efektif Kurangi Kemacetan Lalu Lintas  
Taksi udara, moda transportasi masa depan. (Foto: Aviation Today)

JAKARTA, celebrities.id - Kemajuan teknologi dan inovasi yang berkembang pesat membuat banyak perubahan di bidang teknologi. Urban Air Mobility (UAM) misalnya, digadang-gadang sebagai salah satu teknologi mobilitas generasi berikutnya yang tidak hanya akan mengurangi kemacetan lalu lintas, juga meningkatkan kenyamanan pergerakan kendaraan.

Dilansir dari Hindustan Times, Rabu (12/1/2022), dimulainya pembangunan infrastruktur Urban Air Mobility (UAM) oleh pemerintah Korea Selatan diperkirakan pasar taksi udara  akan tumbuh pesat hingga 2040.

Morgan Stanley, sebuah perusahaan investasi AS, telah memperkirakan bahwa pasar UAM global akan meningkat sebesar 30 persen per tahun antara 2021 dan 2040 sehingga menyentuh jumlah yang sangat besar sebesar 1,5 triliun dolar AS pada 2040.

Hal ini akan memiliki keuntungan operasional pada energi ramah lingkungan. Teknologi tersebut  juga diharapkan dapat memecahkan masalah jaringan transportasi di kota-kota dengan populasi yang lebih tinggi.

Porsche Consulting juga telah memberikan a memperkirakan bahwa setengah dari transportasi drone akan menjadi transportasi penumpang pada 2035.

Pada 28 Desember tahun lalu, Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi menyetujui proyek percontohan UAM yang dipimpin swasta-publik 'Rencana Operasi Grand Challenge K-UAM,'. Dalam rencana tersebut  ditujukan untuk memverifikasi keselamatan dan menyiapkan sistem operasi dan standar teknologi sebelum dikomersialkan.

 

1
/
2