Pelatih Vietnam Frustasi Lawan Timnas Indonesia U-16: Kita Tidak Bisa Berbuat Apa-Apa

Cikal Bintang Raissatria
Sabtu 13 Agustus 2022 10:42 WIB
Pelatih Vietnam Frustasi Lawan Timnas Indonesia U-16: Kita Tidak Bisa Berbuat Apa-Apa
Pelatih Vietnam frustasi lawan Timnas Indonesia U-16. (celebrities.id/thethao247)

SLEMAN, celebrities.id - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan mengakui skuadnya frustasi ketika melawan Timnas Indonesia U-16 di final Piala AFf U-16 2022.

Quoc Tuan akhirnya legawa dengan kekalahan The Golden Star -julukan Timnas Vietnam U-16.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-16 berhasil menang atas Vietnam U-16 (1-0) di final Piala AFF U-16 2022. 

Bermain di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Indonesia pada Jumat (12/8/2022) malam WIB, gol sematawayang untuk Timnas Indonesia U-16 dicetak oleh Kafiatur Rizky (45+1’).

Selepas pertandingan, Quoc Tuan mengatakan The Golden Star tidak bisa berbuat banyak dalam pertandingan itu. 

Bahkan, Quoc Tuan mengibaratkan Timnas Vietnam U-16 sebagai ‘orang suci’ jika bisa mengalahkan Indonesia dalam pertandingan itu.

"Timnas Vietnam U-16 mencoba yang terbaik. Bedanya di sini kita tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengalahkan Indonesia (U-16). Jika kita mengalahkan mereka, mungkin kita adalah orang suci,” kata Quoc Tuan dikutip dari The Thao 247, Sabtu (13/8/2022).

Kendati begitu, Quoc Tuan mengatakan sudah legawa dengan kekalahan timnya. Pelatih berpaspor Vietnam ini merasa senang ketika Timnas Indonesia U-16 melakukan Guard of Honor atau penghormatan kepada skuadnya.

“Saat menerima penghargaan, Indonesia U-16 terbagi menjadi dua barisan untuk mengucapkan selamat kepada kami. Itu tampaknya menenangkan tim setelah kekalahan ini,” ujarnya.

“Ini juga menjadi pelajaran bagi para pemain muda Vietnam. Mereka akan lebih dewasa di bawah tekanan dari penonton, dan wasit. Lain kali, kami akan mempersiapkan diri untuk kualifikasi Asia U-17,” tuturnya.

Sementara itu, Kemenangan ini menjadi kado manis bagi Indonesia, negara yang sebentar lagi berulang tahun ke-77. Selain itu, kemenangan ini juga membuat Timnas Indonesia U-16 berhasil menyabet gelar kedua di Piala AFf U-16.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 pernah menjadi jawara pada edisi Piala AFF U-16 2018. Kala itu, Garuda Asia yang masih di bawah asuhan Fakhri Husaini berhasil menang penalti (4-3) setelah bermain imbang (1-1) dengan Timnas Thailand U-16.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi