Pemasangan ETLE 34 Polda di Indonesia Tercapai, Tekan Angka Pelanggaran dan Kecelakaan 

Muhamad Fadli Ramadan
Jumat 23 September 2022 09:36 WIB
Pemasangan ETLE 34 Polda di Indonesia Tercapai, Tekan Angka Pelanggaran dan Kecelakaan 
Pemasangan tilang elektronik di Indonesia tercapai, tekan angka pelanggaran dan kecelakaan. (Foto: Korlantas POLRI)

JAKARTA, celebrities.id – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menyelesaikan pemasangan Eletctronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di 34 Provinsi Indonesia. Hal ini bertepatan dengan Hari Lalu Lintas ke-67. 

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo mengatakan sistem ETLE yang terpasang di seluruh wilayah Indonesia diharapkan dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan. Ini bertujuan untuk membuat kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat lebih meningkat. 

“Alhamdulillah, bersamaan dengan Hari Lalu Lintas ke-67 kami menyelesaikan salah satu program prioritas yaitu ETLE Nasional,” kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo, usai Syukuran Hari Lalu Lintas ke-67, Jumat (23/9/2022). 

“Hari ini, telah diresmikan di delapan Polda lagi sehingga totalnya saat ini sudah terpasang di 34 Polda,” katanya. 

Listyo Sigit mengatakan perkembangan teknologi informasi yang ada diharapkan membuat kepolisian Republik Indonesia semakin baik. Dengan adanya ETLE juga diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian. 

“Tentunya dengan perkembangan teknologi informasi yang ada, layanan kepolisian semakin baik untuk menghindari pelanggaran. Jajaran Satlantas juga menjadi salah satu etalase Polri yang dalam pelayanannya tentunya dicintai masyarakat,” ujar Listyo. 

Kendati begitu, Listyo Sigit tetap meminta kepada seluruh jajaran Korps Lalu Lintas Polri untuk terus mengembangkan dan meningkatkan ETLE. Sehingga tilang elektronik tidak hanya berlaku di tingkat provinsi, tapi juga di wilayah kabupaten dan kota. 

“Tentunya kita dorong para Kapolda dan Kapolres untuk terus melaksanakan koordinasi. Sehingga, program ini betul-betul bisa tergelar sampai jajaran paling bawah,” ujarnya. 

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengungapkan Hari Lalu Lintas ke-67 juga dijadikan momen introspeksi. Sehingga, menurut Firman, polisi lalu lintas akan semakin baik ke depannya dalam menjalankan tugas. 

“Ini bukan hanya sekadar perayaan, tapi lebih kepada introspeksi. Sudah 67 tahun polisi lalu lintas berjalan, itu bukan waktu yang sebentar,” ucap Firman. 

Firman juga menambahkan ke depannya aka nada perubahan-perubahan yang dilakukan oleh polisi lalu lintas, terutama dalam melayani masyarakat. 

“Kami menyadari masih belum sempurna. Tetapi lewat dorongan dan koreksi, kami akan berupaya ke arah yang lebih baik,” ucapnya.

 

Peluncuran ETLE tahap ketiga ini dilakukan di delapan Polda yaitu Polda Aceh, Polda Kepri, Polda Kaltara, Polda Sulteng, Polda Sulbar, Polda Sultra, Polda Maluku, dan Polda Maluku Utara. 

Pada Peluncuran ETLE tahap ketiga, terdapat pengembangan dan pembaruan berupa ETLE mobile device yang terbagi menjadi tiga, yakni Mobile on board, ETLE mobile hand held, dan ETLE mobile apps. 

Dengan hadirnya tambahan delapan Polda, menandakan kehadiran 270 kamera ETLE Statis, 806 kamera ETLE mobile, dan 58 kamera speed cam di seluruh Indonesia. ETLE sendiri telah mendapatkan sertifikat iso 9001:2015. 

Dalam kegiatan kali ini, para pejabat Negara juga turut hadir seperti, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri PUPR yang diwakili Kepala BPJT Danang Parikesit. 

Selain itu juga diramaikan oleh Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Purwantono, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni, Para Purnawirawan Kakorlantas Polri, serta jajaran Polri lainnya.

Editor : Johan Sompotan