Pemerintah Bakal Jadikan Mobil Listrik sebagai Kendaraan Dinas Pejabat, Transisi Menuju Teknologi Ramah Lingkungan

Martin Ronaldo
Jumat 29 Juli 2022 17:54 WIB
Pemerintah Bakal Jadikan Mobil Listrik sebagai Kendaraan Dinas Pejabat, Transisi Menuju Teknologi Ramah Lingkungan
Mobil listrik bakal jadi kendaraan dinas pejabat pemerintahan. (Foto: celebrities.id/Tangguh)

JAKARTA, celebrities.id - Pemerintah akan mulai menerapkan penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan dinas di lingkungan pemerintahan. Hal tersebut sebagai langkah mendukung transformasi kendaraan konvensional ke arah penggunaan listrik yang ramah lingkungan.

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengatakan bahwa rencana tersebut sedang digodok lebih lanjut agar dapat diimplementasikan.

"Ya, ini sedang dalam sedang digodok inpresnya semoga bisa segera dikeluarkan, Inpres itu adalah petunjuk perintah Presiden untuk memprioritaskan lingkungan Pemerintah, Pemda, TNI, dan Polri untuk beralih secara bertahap menggunakan kendaraan listrik, ini sedang bertahap kita tunggu dalam inpres," ujar Moeldoko kepada wartawan di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (29/7/2022).

Nantinya, pemakaian mobil listrik akan dicoba terlebih dahulu di lingkungan Kementerian yang tengah dipersiapkan oleh Kementerian Perhubungan RI.

"Sementara ini masih rental ya. Saat ini kementerian perhubungan membuat Protap, isinya adalah bagaimana terjadi transisi dari penggunaan mobil Konvensional menuju ke mobil listrik, secara bertahap mulai dari persentase by year, tahun sekian sekian persen, tahun sekian sekian persen, ditujukan ke instansi pemerintah dan TNI-Polri," tuturnya.

Editor : Andre Purwanto