Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM, Level 4 Dihapus dan Jabodetabek Masih Level 2

Icon CameraRaka Dwi Novianto
Selasa 22 Maret 2022 09:09 WIB
Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM, Level 4 Dihapus dan Jabodetabek Masih Level 2
PPKM diperpanjanng hingga satu minggu ke depan. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa dan Bali hingga 4 April 2022. Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2022. 

Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal, mengatakan bahwa dalam PPKM kali ini pengaturan PPKM pada level 4 dihapus karena sudah tidak ada lagi daerah yang berada di PPKM Level 4 dari sebelumnya yang masih terdapat 7 daerah. 

Sedangkan untuk wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) masih berada pada PPKM level dua.

Selain itu, jumlah daerah pada Level 3 juga mengalami penurunan dari sebelumnya 66 daerah menjadi 39 daerah. Sejurus itu, untuk daerah pada Level 2 mengalami kenaikan dari 55 daerah menjadi 83 daerah, begitu juga dengan daerah yang berada pada PPKM Level satu, di mana saat ini sudah terdapat enam daerah dari yang sebelumnya belum ada sama sekali. 

"Peningkatan jumlah daerah pada Level dua dan Level satu serta penurunan Level 3 ini tentunya harus selalu kita sikapi dengan bijak tanpa mengurangi arti kewaspadaan kita dengan terus berupaya untuk memperkuat capaian vaksinasi, termasuk pemberian suntikan ketiga atau booster," kata Safrizal. 

Safrizal menjelaskan bahwa turunnya level PPKM pada beberapa daerah karena kondisinya terus membaik secara signifikan.

"Bahwa kondisi membaik secara signifikan, yang ditandai dengan pelandaian kasus yang berbanding lurus dengan membaiknya level daerah," kata Safrizal. 

Enam daerah yang berada pada PPKM level satu yakni Kabupaten Pangandaran; Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Tuban, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Lamongan.

Editor : Endang Oktaviyanti

Follow Berita Celebrities di Google News