Pemerintah Kembalikan Kendaraan Listrik Pinjaman untuk KTT G20, Total 1.500 Unit 

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Jumat 18 November 2022 17:32 WIB
Pemerintah Kembalikan Kendaraan Listrik Pinjaman untuk KTT G20, Total 1.500 Unit 
844 mobil listrik yang dipinjamkan ke pemerintah Indonesia untuk mensukseskan perhelatan KTT G20 bakal dikembalikan. (Foto: celebrities.id/Tangguh Yudha)

JAKARTA, celebrities.id – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali rampung dihelat. Pada rangkaian konferensi tersebut, kendaraan listrik yang mengantar kepala negara dan delegasi menjadi salah satu pemandangan yang menarik.

Sekadar informasi, seluruh kendaraan listrik yang digunakan untuk keperluan KTT G20 merupakan hasil pinjaman dari beberapa produsen. Jadi, sudah menjadi kewajiban negara untuk mengembalikan seluruh kendaraan listrik tersebut.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama mejelaskan bahwa ada sekitar 844 mobil listrik yang dipinjamkan ke pemerintah Indonesia untuk mensukseskan perhelatan KTT G20.

“Kita menyiapkan untuk rangkaian VVIP itu sekitar 800-an, termasuk untuk delegasi, ada juga untuk panitia. Kalau termasuk kendaraan Patwal itu ada sekitar 1.500, selebihnya masih menggunakan mobil combustion engine,” kata Setya seperti dikutip dalam kana YouTube Sekretariat Presiden.

Penggunaan kendaraan listrik juga sejalan dengan salah satu isu yang dibahas dalam KTT G20 mengenai lingkungan. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia memutuskan untuk menggunakan kendaraan non-emisi sebagai bentuk komitmen menjaga lingkungan.

“Karena kita pinjam pakai, kita akan kembalikan kepada mereka. Mungkin akan dijual atau dilelang, ya terserah mereka. Tapi yang jelas mereka sudah menyumbang. Dengan meminjamkan kepada kami, itu menguatkan komitmen kita,” ujar Setya.

 

1
/
2