Pemerintah Korea Selatan Berikan Kompensasi Rp165 Juta untuk Keluarga Korban Tragedi Itaewon

Icon CameraLisvi Padlilah
Selasa 01 November 2022 14:57 WIB
Pemerintah Korea Selatan Berikan Kompensasi Rp165 Juta untuk Keluarga Korban Tragedi Itaewon
Presiden Korea Selatan Yoon Seok Yul umumkan hari berkabung nasional atas tragedi Itawon. (Foto: celebrities.id/Koreaboo)

SEOUL, celebrities.id - Pemerintah Korea Selatan mengumunkan akan menyalurkan kompensasi finansial untuk keluarga korban tragedi Itaewon. Masing-masing korban terdampak tragedi akan menerima 15 juta KRW atau sekira Rp165 juta.

Menurut Koreaboo, Selasa (1/11/2022), bantuan finansial itu diberikan sebagai bantuan bagi keluarga korban termasuk untuk biaya pemakaman dan hal lain.

Pengumumnan itu disampaikan oleh Menteri Keamanan Dalam Negeri. Mereka menyatakan akan memberikan kompensasi untuk membantu biaya pemakaman dan transportasi.

Pemerintah juga menyebutkan akan membantu keluarga korban dalam pemulasaraan dan pemakaman mereka.

Sementara bagi korban luka-luka, pemerintah memastikan akan menanggung biaya pengobatan di bawah Kementerian Kesehatan. Selain itu, keluarga korban tragedi Itaewon juga akan menerima bantuan pembebasan pajak dan keuangan lain seperti biaya tagihan telepon.

Sebagai catatan, dalam protokol Kementerian Penyelamatan dan Bantuan Bencana Dalam Negeri tertulis bahwa keluarga korban meninggal dalam bencana akan menerima kompensasi sebesar 20 juta KRW atau sekira Rp220 juta. Sementara korban luka-luka akan menerima bantuan antara 5-10 juta KRW atau sekira Rp55 juta-Rp110.

Diberitakan sebelumnya, terjadi insiden di Itaewon, Seoul, Korea Selatan di mana kerumunan orang-orang yang berpesta Halloween berubah jadi bencana akibat berdesak-desakan pada Sabtu, 29 Oktober malam. 156 orang dinyatakan meninggal dan 149 lebih luka-luka.

Presiden Korea Selatan Yoon Seok Yul secara resmi mengumumkan masa berkabung nasional  diberlakukan  mulai 30 Oktober hingga 5 November 2022.

Editor : Lisvi Padlilah