Pemerintah Siapkan Vaksin Booster 2 untuk Umum, Ini Jenis yang Tersedia

Icon CameraKevi Laras
Sabtu 21 Januari 2023 13:21 WIB
Pemerintah Siapkan Vaksin Booster 2 untuk Umum, Ini Jenis yang Tersedia
Vaksin booster 2 disiapkan oleh pemerintah. (Ilustrasi: Freepik/Rawpixel)

JAKARTA, celebrities.id – Vaksin booster 2 untuk Covid-19 tengah disiapkan pemerintah agar bisa digunakan oleh masyarakat umum pada 24 Januari 2023. Hal ini dilakukan untuk menambah sistem kekebalan tubuh menghadapi Covid-19.

Meski demikian, sebelumnya vaksin Covid-19 memiliki berbagai jenis yang bisa digunakan oleh masyarakat. Lantas apa saja jenis vaksin booster 2 nanti yang akan disediakan?

Menurut dr. Ngabila Salama, Kepala Seksi Surveilans Epidemiolog dan Imunisasi Dinkes Provinsi DKI Jakarta, bahwa baru hanya dua vaksinasi Covid-19 yang tersedia untuk booster 2 di Jakarta yaitu Pfizer dan Zifivax.

Sehubungan dengan ini, pihaknya akan menyiagakan ratusan lokasi untuk melayani vaksinasi Covid-19. Mereka yang mendapatkan booster 2 hanya berlaku pada usia 18 tahun ke atas.Ā 

"Booster kedua untuk masyarakat umum usia 18 tahun ke atas mulai tgl 24 januari 2023 di seluruh Indonesia. DKI Jakarta menyiagakan lokasi vaksinasi sekitar 300 titik per hari, layanan weekend disediakan dan vaksin yang tersedia di jakarta saat ini merk pfizer dan zifivax," katanya dalam keterangan pers yang diterima MNC Portal pada Sabtu (21/1/2023).

Cara masyarakat mengetahui apakah sudah siap mendapatkan booster 2 bisa mengecek aplikasi PeduliLindungi.Ā 

"DKI jakarta siap menyuntikkan siapa saja ber-KTP seluruh Indonesia, silakan langsung datang selama tiket dosis 4 sudah tersedia di aplikasi PeduliLindungi atau memang dapat dibuktikan sudah berjarak minimal 6 bulan dari dosis ke-3," ucap dr. Ngabila

Sekadar informasi, aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/380/2023 Tentang Vaksinasi Covid-19 dosis booster 2 bagi kelompok masyarakat umum yang ditetapkan oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada 20 Januari 2023.

Editor : Tia Ayunita

Follow Berita Celebrities di Google News