Pemkot Surabaya Beri Pelatihan Aneka Masakan Pecinan untuk UMKM, Pertahankan Nuansa Wisata Kya-Kya

Aan Haryono
Senin 19 September 2022 17:28 WIB
Pemkot Surabaya Beri Pelatihan Aneka Masakan Pecinan untuk UMKM, Pertahankan Nuansa Wisata Kya-Kya
Pemkot Surabaya Beri Pelatihan Aneka Masakan Pecinan untuk UMKM, Pertahankan Nuansa Wisata Kya-Kya. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

SURABAYA, celebrities.id - Para pedagang di Wisata Pecinan Kembang Jepun atau Kya-Kya Reborn di Jalan Kembang Jepun akan dilatih untuk memasak makanan khas Pecinan.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, Pemkot Surabaya tengah memberikan pelatihan kepada UMKM di kawasan Kya-Kya untuk memaksimalkan menu makanan khas Pecinan. Pelatihan itu juga menggandeng Chef dari Asosiasi Pengusaha Kafe Dan Restoran Indonesia (Apkrindo) untuk menambah menu masakan khas Pecinan atau yang biasa dikenal sebagai Chinese food.

“Ini UMKM lokal sedang dilatih oleh Apkrindo, karena UMKM lokal kesukaannya membuat memakanan lokal. Sekarang dilatih untuk membuat makanan khas Pecinan,” kata Eri, Senin (19/9/2022).

Dia mengaku, hal tersebut lumrah berjalan saat masa transisi atau pengenalan destinasi wisata baru. Pelatihan yang diberikan kepada para UMKM ini digelar selama satu minggu, hingga mereka bisa menyajikan masakan khas Pecinan yang enak agar pengunjung tidak merasa kecewa. Sebab, saat Cak Eri melakukan pengecekan masih menemukan beberapa makanan dan minuman seperti es jus dan seblak.

“Padahal namanya Chinatown. Masa ganti Jowotown itu yo opo (gimana). Karenanya, pelatihan ini digelar satu mingguan, jadi dia (UMKM) sampai lanyah (tidak apa-apa), habis dilatih dicicipi sampai enak lalu kita lepas. Jangan sampai dia (UMKM) rasanya belum pas seperti Chef yang melatih, lalu dijual disana, pengunjung akan kecentok (kecewa),” ujarnya.

Dari masa transisi atau pengenalan ini, Pemkot Surabaya melakukan evaluasi mengenai kekurangan yang ada di destinasi wisata Kya-Kya Kembang Jepun. dia pun meminta kepada OPD terkait untuk menyamakan konsep Chinatown dengan pelatihan masakan khas Pecinan, agar memiliki kesamaan konsep yang mampu memikat daya tarik pengunjung.

 

1
/
2