Penampilan Menkeu Amerika Serikat Curi Perhatian di KTT G20, Padukan Outfit Monokrom dan Blazer Semiformal  

Icon CameraWiwie Heriyani
Minggu 13 November 2022 22:07 WIB
Penampilan Menkeu Amerika Serikat Curi Perhatian di KTT G20, Padukan Outfit Monokrom dan Blazer Semiformal  
Penampilan Menkeu Amerika Serikat curi perhatian di KTT G20. (Foto: Reuters)

JAKARTA, celebrities.id - Sejumlah delegasi KTT G20 telah tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Minggu (13/11/2022) malam, tidak terkecuali para menteri-menteri keuangan kelompok 20 negara terbesar di dunia (G20). 

Salah satu delegasi yang mencuri perhatian, yakni Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS), Janet Yellen. Penampilannya  cukup mencuri perhatian.  

Pasalnya, menteri yang dijulukan Wanita Terkuat AS ini cukup modis saat pertama kali tiba dan bertemu dengan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani.  

Yellen dengan ciri khas rambut putihnya tampak mengenakan outfit serba hitam. Namun, yang membuat menarik, dia tampak memadukan outfit monokrom tersebut dengan luaran blazer semiformal berwarna biru polos. Uniknya, dia kembali tampil dengan gaya andalannya, yakni sengaja menegakkan bagian lipatan kerah blazer.  

Ya, dalam beberapa kesempatan, Yellen kerap tampil dengan luaran blazer dengan kerah tegak. Misalnya, pada pertemuan dengan Menkeu RI Sri Mulyani sebelumnya pada Juli 2022, dia juga tampak mengenakan outfit serba hitam yang dipadukan dengan luaran blazer abu-abu bermotif lingkaran, dan dengan kerah tinggi.  

Sebagai informasi, sama seperti Sri Mulyani yang menjabat sebagai Menteri Keuangan wanita pertama di Indonesia, Janet Yellen juga merupakan sosok Menteri Keuangan wanita pertama di Amerika Serikat. Sebagai ekonom ulung sekaligus pendidik, Janet Yellen punya rekam jejak cemerlang.  

Sosok kelahiran 13 Agustus 1946 itu menempuh pendidikan di Universitas Brown pada 1967 dan lulus dengan predikat summa Cumlaude dengan gelar PhD bidang ekonomi. Yellen juga lulus dari Universitas Yale 1971 dan mendapat gelar yang sama.  

Dia memulai karirnya dengan menjadi asisten profesor di Universitas Harvard hingga 1976 dan mulai bekerja sebagai ekonomi di dewan gubernur bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) pada 1977. Dilanjutkan pada tahun 1978-1980, Yellen mulai bergabung sebagai dosen di London School of Economics and Political Sains.  

Mantan presiden Amerika Serikat, Barrack Obama juga pernah menyebut Janet Yellen sebagai salah satu ekonom dan pembuat kebijakan terkemuka di negara tersebut. Menurut dia, Yellen juga terkenal karena penilaiannya yang baik dan kemampuan dalam membangun konsensus.

Editor : Tia Ayunita