Sumber Pendapatan BTS, dari Musik dan Iklan hingga Bisnis Lainnya

Muhammad Sukardi
Senin 02 Mei 2022 16:03 WIB
Sumber Pendapatan BTS, dari Musik dan Iklan hingga Bisnis Lainnya
Sumber pendapatan BTS, dari musik dan iklan hingga bisnis lainnya. (Foto: celebrities.id/Soompi)

SEOUL, celebrities.id - Total pendapatan BTS kerap menjadi pertanyaan para penggemar. Bukan hanya dari musik, boyband terkenal asal Korea ini juga menghasilkan pundi-pundi kekayaan dari iklan hingga bisnis lainnya.

Bicara soal musik, semua album terbaru BTS menduduki puncak tangga lagu Billboard 200, termasuk album terbarunya, Butter. Album ini bahkan terjual 2.490.969 eksemplar di bulan pertama.

Sebagian dari Anda mungkin berpikir berapa kekayaan yang mereka dapatkan dari penjualan album tersebut. Nyatanya, uang mereka tidak hanya dari bermusik.

Pendapatan BTS

Menurut Celebrity Net Worth, BTS memperoleh 170 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp2,5 triliun hanya dari tur pada September 2020. Tidak berhenti di situ, labelnya, Big Hit Entertainment, pun go public untuk dijual di bursa saham Korea Selatan. Setiap anggota grup diberikan saham masing-masing senilai 7,9 juta dolar AS atau Rp114 miliar.

Duit personel BTS pun mengalir dari proyek lain, seperti film dokumenter yang dirilis pada 2018. Film dokumenter tersebut didasarkan pada cuplikan di balik layar dari Tur Wings mereka. Mereka juga merilis film dokumenter berjudul 'Burn the Stage: The Movie' di bioskop pada akhir 2018.

Menurut Forbes, akhir pekan pembukaannya menghasilkan 2,4 juta dolar AS atau Rp34,7 miliar. Kesuksesan BTS juga datang dari reality show dan variety show lama mereka. Acara yang menampilkan BTS termasuk Let's BTS, Rookie King: Bangtan, BTS Gayo, dan BTS: Bon Voyage, yang menampilkan grup tersebut berkeliling Eropa selama 10 hari.

Acara TV American Hustle Life, mengikuti grup saat mereka belajar lebih banyak tentang sejarah hip-hop dari rapper dan mentor Coolio dan Warren G. Sebagai sebuah merek, BTS sangat berharga. Mereka sangat berpengaruh sehingga mereka dilaporkan membawa sekitar 3,6 miliar dolar AS atau Rp52,1 triliun ke ekonomi Korea Selatan.

Band ini memiliki kekuatan, jadi tidak heran banyak merek membayar anggota BTS untuk menjadi duta mereka. BTS telah memiliki sejumlah kemitraan dengan merek terkenal seperti Coca-Cola, Mattel, dan Hyundai. Kini, BTS juga menjadi duta merek global untuk Louis Vuitton, Fila, dan berkolaborasi dengan McDonald's.

Bahkan, BTS baru-baru ini merayakan album baru mereka Butter melalui kolaborasi dengan CASETiFY yang saat ini terjual habis. Terinspirasi oleh judul lagu mereka, koleksi BTS Butter x CASETiFY menampilkan casing ponsel dan AirPod, tali jam tangan pintar, dan aksesori teknologi lainnya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra