Penderita Diabetes Berisiko Tinggi Terkena Gagal Jantung, Ini Cara Pencegahannya

Icon CameraRaden Yusuf Nayamenggala
Senin 21 November 2022 06:32 WIB
Penderita Diabetes Berisiko Tinggi Terkena Gagal Jantung, Ini Cara Pencegahannya
Penderita diabetes berisiko tinggi terkena gagal jantung. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Penderita diabetes memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, khususnya pada orang yang menderita diabetes tipe dua. Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian pada pasien diabetes tipe dua.

Untuk kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung tergantung pada jumlah faktor risiko penyakit jantung yang mereka miliki. Tapi, seorang penderita diabetes memiliki 2-4 kali lebih tinggi kemungkinan meninggal akibat penyakit jantung.

Karena itu, seseorang diabetes memiliki risiko kematian dua sampai empat kali lipat dibanding dengan seseorang dengan faktor risiko kesehatan tunggal, seperti tekanan darah tinggi.

Adapun menyebab paling umum penyakit jantung pada penderita diabetes yakni Aterosklerosis. Di mana aterosklerosis merupakan penumpukan kolesterol di saluran darah yang mengantarkan oksigen dan nutrisi ke jantung.

Tubuh mencoba untuk memperbaiki plak kolesterol yang pecah dengan mengirim trombosit untuk menutupnya ketika plak mungkin robek atua pecah. Karena penyempitan arteri, trombosit bisa menghalangi aliran darah, dan mencegah pengiriman oksigen yang bisa mengakibatkan serangan jantung.

 

1
/
2