Pendopo Fashion Show Highlight Kain Sikka, Bukti Nyata Rawat Warisan Budaya

Icon CameraMuhammad Sukardi
Rabu 23 November 2022 23:15 WIB
Pendopo Fashion Show Highlight Kain Sikka, Bukti Nyata Rawat Warisan Budaya
Pendopo Fashion Show pamerkan Kain Sikka. (Foto: celebrities.id/Faisal Rahman)

JAKARTA, celebrities.id - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat warisan budaya Indonesia, salah satunya menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Semakin budaya itu menjadi rutinitas, maka warisan tidak akan punah.

Konsep itu yang coba diusung Pendopo Fashion Show 2022

Mengangkat keindahan kain Sikka, wastra Nusantara tersebut berhasil diubah menjadi sesuatu yang lebih modern tanpa meninggalkan identitas warisan budaya.

"Lewat acara ini, kami ingin memelihara kekayaan budaya Indonesia lewat tiga fokus utama yaitu pengembangan produk, kolaborasi dengan pengrajin lokal, dan memperkenalkannya ke publik," tutur Direktur Pendopo Tasya Widya Krisnadi, di Living World Tangerang Selatan, Rabu (23/11/2022).

Agar kain sikka semakin eksis, Pendopo tak hanya mengandalkan fashion desainer in-house, tapi juga berkolaborasi dengan dua desainer lokal yaitu Didiet Maulana dan Iyonono.

"Lewat kolaborasi tersebut, kamu ingin kain tenun sikka dikreasikan lebih modern, sehingga dapat mengikuti selera masa kini," kata Tasya.

Hadir juga di Pendopo Fashion Show 2022 Direktur Kuliner, Kriya, Desain, dan Fesyen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Yuke Sri Rahayu. Dalam paparannya, dia menjelaskan bahwa ajang seperti ini perlu diapresiasi karena sebagai upaya meremajakan budaya Indonesia, selain juga meningkatkan kualitas pengrajin lokal sehingga produk fashion yang dihasilkan bernilai tinggi.

"Pendopo Fashion Show 2022 perlu didukung karena melakukan pendampingan pada warga Sikka secara langsung yang artinya budaya di sana dapat terus lestari, mengikuti zaman. Selain itu, dengan hadirnya desainer profesional dalam pengembangannya, itu dapat meningkatkan nilai dari produk fashion yang dihasilkan," ujar Yuke.

"Kami juga berharap lewat tenun Sikka, terbuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat, dengan begitu produk ekonomi kreatif ini dapat tumbuh dan berkembang, serta jadi ladang pekerjaan," ucapnya.

Pendopo sendiri menghadirkan dua sequences di pagelaran busana ini, yaitu Koleksi Senandung Sikka Lilit by Pendopo yaitu koleksi kain tenun tanpa pemotongan sesuai pakem kain wastra yang menyambung dalam satu ikatan.

Satu sequences lainnya adalah Koleksi Senandung Sikka Ready to Wear by Pendopo yang merupakan kreasi pakaian berbahan tenun ikat Sikka yang dibuat sangat light dan modern. Banyak cuttingan young dikoleksi ini.

Editor : Hadits Abdillah