Peneliti BRIN Beberkan Hasil Studi Dugaan Vaksin Covid-19 Penyebab Hepatitis Misterius

Muhammad Sukardi
Kamis 12 Mei 2022 17:30 WIB
Peneliti BRIN Beberkan Hasil Studi Dugaan Vaksin Covid-19 Penyebab Hepatitis Misterius
Peneliti BRIN beberkan hasil studi dugaan vaksin covid-19 penyebab hepatitis misterius. (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id – Beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa vaksin Covid-19 diduga jadi penyebab hepatitis misterius. Setelah kabar ini merebak di media sosial, Kementerian Kesehatan pun mengeluarkan pernyataan resmi. 

Melalui media sosial Kementerian Kesehatan menegaskan, bahwa kabar  vaksin Covid-19 jadi penyebab hepatitis misterius itu adalah kabar tidak benar alias hoaks.

"Benarkah hepatitis misterius disebabkan oleh vaksinasi Covid-19? Tidak benar," begitu bunyi pernyataan Kemenkes di media sosialnya. 

Tapi, peneliti BRIN mengeluarkan data bahwa benar ada kasus bahwa hepatitis misterius terjadi karena vaksin Covid-19. 

Data disampaikan oleh dr Fitriana, Sp.MK, selaku Peneliti Pusat Riset Biomedis. 

Dalam paparannya, dr Fitriana membeberkan data studi yang dilakukan Chow, K.W. (2022). Studi tersebut mendapatkan hasil bahwa ada kaitan antara vaksin Covid-19 dengan kasus hepatitis misterius. 

"Chow, K.W. (2022) melaporkan hasil pengamatan dari data kesehatan pasien yang terinfeksi hepatitis misterius, sebanyak 28,1 persen pasien autoimmune hepatitis (AIH) disebabkan efek pemberian vaksin Covid-19," tulis dr Fitriana di paparannya saat webinar BRIN, Kamis (12/5/2022). 

Meski begitu, dr Fitriana pun tidak bisa menegaskan bahwa vaksin Covid-19 adalah dalang dari kasus hepatitis misterius. Sebab, sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), dan juga para ahli di seluruh dunia terkait penyebab pasti hepatitis misterius.

"Ini perlu kita perdalam lagi nih, benarkah itu?  Kita tidak bisa skip begitu saja. Mungkin saja. Kita perlu menggali lagi, mencari kebenarannya," kata dr Fitriana.

Editor : Imantoko Kurniadi