Peneliti Inggris Temukan 2 Penyebab Hepatitis Akut Misterius pada Anak, Bukan Virus Corona 

Icon CameraKevi Laras
Minggu 31 Juli 2022 14:42 WIB
Peneliti Inggris Temukan 2 Penyebab Hepatitis Akut Misterius pada Anak, Bukan Virus Corona 
Peneliti di Inggris temukan penyebab hepatitis akut, bukan Virus Corona. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Penyakit hepatitis akut misterius pada anak di dunia, terus dicari tahu apa penyebabnya. Penelitian dari Inggris melakukan terobosan yang menemukan kondisi hati serius dengan koinfeksi dua virus umum, tetapi bukan virus corona.

Penelitian tersebut melibatkan dua studi baru yang dilakukan secara independen dan serentak di Skotlandia dan London. Para ilmuwan menemukan virus bernama AAV2 (virus terkait adeno 2), memainkan peran penting 96 persen dari semua pasien yang diperiksa.

Lebih lanjut, kedua tim menyimpulkan bahwa koinfeksi dengan virus AAV2 dan adenovirus atau virus herpes HHV6. Bisa memberikan penjelasan terbaik untuk penyakit hati yang parah ini.

Virus AAV2 biasanya tidak diketahui menyebabkan penyakit dan tidak dapat mereplikasi dirinya sendiri tanpa adanya virus "penolong" lain. 

"Kehadiran virus AAV2 dikaitkan dengan hepatitis yang tidak dapat dijelaskan pada anak-anak," kata profesor penyakit menular Emma Thomson dari University of Glasgow yang memimpin makalah Skotlandia dilansir CNA, Minggu (31/7/2022).

Kendati demikian, dia memperingatkan bahwa belum pasti apakah virus AAV2 menyebabkan penyakit (Hepatitis akut misterius). Atau merupakan biomarker untuk infeksi adenovirus, sulit dideteksi tetapi merupakan patogen utama.

 

1
/
2