Peneliti Sebut Bumi Bisa Lebih Layak Huni di Masa Mendatang, Ini Syaratnya 

Tangguh Yudha
Kamis 22 September 2022 20:44 WIB
Peneliti Sebut Bumi Bisa Lebih Layak Huni di Masa Mendatang, Ini Syaratnya 
Tata surya dan jalur orbit planet. (Foto: Prinsli)

JAKARTA, celebrities.id - Zaman terus berubah. Semakin hari Bumi kian tak layak huni akibat eksploitasi yang gencar dilakukan oleh manusia. Tetapi studi terbaru mengungkap bahwa Bumi yang sudah kritis ini sebenarnya bisa disembuhkan. 

Adapun caranya adalah dengan menggeser sedikit saja orbit planet Jupiter, seperti dikatakan oleh ilmuwan planet Pam Vervoort dari University of California, Riverside, melansir dari Science Alert pada Kamis (22/9/2022). 

"Jika posisi Jupiter tetap sama, tetapi bentuk orbitnya berubah, itu sebenarnya bisa meningkatkan kelayakhunian planet ini," kata Vevoort. 

"Banyak yang yakin bahwa Bumi adalah lambang planet yang layak huni dan bahwa setiap perubahan di orbit Jupiter, sebagai planet masif, hanya bisa berdampak buruk bagi Bumi. Kami menunjukkan bahwa kedua asumsi itu salah," tuturnya. 

Saat ini, Jupiter hanya memiliki orbit yang hampir melingkar. Namun, jika orbit itu meregang, maka akan menimbulkan efek luar biasa bagi Tata Surya lainnya karena Jupiter sangat besar, 2,5 kali massa semua planet di Tata Surya yang digabungkan. 

Bagi Bumi, pergeseran orbit itu berarti peningkatan eksentrisitas. Artinya, para peneliti menemukan bahwa beberapa bagian dari planet ini akan lebih dekat ke Matahari, memanas menjadi kisaran yang beriklim sedang dan layak huni. 

Tetapi jika Anda memindahkan Jupiter lebih dekat ke Matahari, kelayakhunian Bumi akan berkurang. Itu karena itu akan menyebabkan Bumi miring lebih tajam pada sumbu rotasinya daripada saat ini, memberi kita lebih banyak variasi musim. 

Namun, kemiringan yang lebih tajam akan menyebabkan sebagian besar planet kita membeku dengan musim yang lebih ekstrem. Es laut musim dingin akan meluas ke area lainnya, empat kali lebih besar daripada saat ini. 

 

1
/
2