Peneliti UGM Ungkap Penyebab Meroketnya Kasus Covid-19 di Indonesia 

Binti Munfarida
Kamis 08 Juli 2021 17:15 WIB
Ketua Tim Peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, dr Gunadi mengungkapkan 17,7% kasus Covid-19 di Indonesia berasal dari varian Delta. (Foto: celebrities.id/Ilustrasi)

JAKARTA, celebrities.id - Covid-19 khususnya varian Delta terus merajalela di Indonesia. Ketua Tim Peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) dr Gunadi mengungkapkan 17,7% kasus Covid-19 di Indonesia berasal dari varian Delta.

“Berdasarkan genome sequencing, varian Delta ini menguasai 17,7% varian yang bertransmisi di Indonesia. Sedangkan varian Alpha dan Beta hanya di bawah 2%. Jadi jelas eskalasi kasus Covid-19 di Indonesia dipicu oleh varian Delta,” ujar Gunadi, dalam keterangan yang diterima, Kamis (8/7/2021).

Gunadi mengatakan varian Delta merupakan variant of concern (VoC) yang telah ditetapkan oleh WHO. Artinya, virus dari varian Delta ini harus diwaspadai karena dapat menularkan lebih cepat dari varian lainnya.

Selain itu, Gunadi mengatakan kemunculan Variant of Interest dan Variant of Concern dipengaruhi perilaku manusia sebagai inangnya. 

“Pelanggaran Prokes, tidak divaksinasi, interaksi sosial yang sangat masif merupakan sarana kemunculan varian baru,” ujarnya.

 

1
/
2