Penerbangan Domestik Kini Bebas Tes Covid-19, tapi Tetap Wajib Isi e-Hac di Aplikasi PeduliLindungi

Wahyudi Aulia Siregar
Rabu 18 Mei 2022 18:03 WIB
Penerbangan Domestik Kini Bebas Tes Covid-19, tapi Tetap Wajib Isi e-Hac di Aplikasi PeduliLindungi
Calon penumpang maupun pengguna jasa kebandarudaraan yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua dan ketiga (booster) kini tak lagi harus menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen. (Foto: celebrities.id/channelnewsasia)

DELISERDANG, celebrities.id - Calon penumpang maupun pengguna jasa kebandarudaraan yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua dan ketiga (booster) kini tak lagi harus menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Kebijakan itu diberlakukan PT Angkasa Pura II selaku operator Bandara Kualanamu sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 56 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut berlaku efektif 18 Mei 2022.

Sementara, bagi penumpang rute domestik yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan. 

Sementara itu, penumpang rute domestik dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil 3x24 jam. Bisa juga dengan hasil rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan. 

Persyaratan wajib lainnya, melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi.

 

1
/
2