Penerbangan Kuala Lumpur-Yogyakarta Tandai Pembukaan Bandara YIA dengan Rute Luar Negeri

Erfan Erlin
Sabtu 30 April 2022 14:07 WIB
Penerbangan Kuala Lumpur-Yogyakarta Tandai Pembukaan Bandara YIA dengan Rute Luar Negeri
Penerbangan internasional dari Malaysia, jadi rute pertama ke Yogyakarta. (celebrities.id/Ilustrasi)

YOGYAKARTA, celebrities.id - Setelah terhenti akibat pandemi Covid-19, Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo akhirnya kembali melayani penerbangan internasional

Maskapai penerbangan Air Asia Malaysia mulai membuka rute  Kuala Lumpur-YIA pulang pergi. Air Asia mendarat di YIA pukul 17.40 WIB. Tradisi Water Salut menyambut penerbangan perdana pesawat tersebut. 170 penumpang nampak satu persatu keluar dari pintu pesawat menuju ke ruang pengambilan bagasi dan pintu keluar bandara.

Penumpang penerbangan perdana ini juga mendapat keistimewaan. Mereka disambut dengan pengalungan bunga dan mendapat bingkisan ketika sampai di lorong menuju pintu keluar terminal kedatangan. 

Direktur Utama Angkasa Pura 1 Faik Fahmi mengaku bahagia dengan operasional perdana penerbangan internasional di YIA. 2,5 tahun layanan penerbangan internasional dari DIY akibat pandemi Covid-19, dan penerbangan rute Kuala Lumpur-YIA pulang pergi ini menjadi penanda kebangkitan industri aviasi.

"Saya kira mengawali mulai hangkitnya angkutan udara terutama untuk internasional. Saya yakin rute internasional akan terus bertambah," ucap Faik Fahmi, di Bandara YIA, Jumat (29/4/2022). 

Faik Fahmi berharap ke depan makin banyak maskapai yang memanfaatkan penerbangan internasional di YIA sehingga nantinya akan membawa dampak positif bagi industri pariwisata di DIY. 

Di samping itu, diharapkan dengan penerbangan internasional ini perekonomian akan semakin menggeliat. Dan kegiatan ekspor juga bisa mengiringi pertumbuhan industri penerbangan internasional dari DIY.

"Maskapai ini dijadwalkan rutin beroperasi seminggu dua kali, yaitu setiap hari Jumat dan Minggu," tuturnya.

Para penumpang merasa bahagia dengan kembali adanya rute internasional dari Yogyakarta. Trias Andromeda (49) salah satunya, dia menyambut positif kehadiran rute internasional ini. Trias cukup rutin berpergian ke luar negeri. Terakhir ia bertolak ke Negeri Jiran pada 13 April, sebelum akhirnya pulang ke Indonesia, via YIA.

"Kalau saya memang mau pulang kampung, sebelumnya habis ada meeting di Malaysia, ini mau balik Semarang," ujarnya.

 

Trias mengatakan, dengan hadirnya penerbangan internasional di YIA. Dia berharap ini jadi awal membaiknya kondisi penerbangan Indonesia setelah sempat terpuruk karena pandemi sehingga ekonomi bisa bangkit kembali.

Penumpang yang lain, Valda (20) mengaku bahagia dengan rute ini. Valda merupakan warga Yogyakarta yang selama ini kuliah di Malaysia. Sudah lebih dari setahun ia tidak pulang kampung imbas pandemi Covid-19 seiring dengan meredanya kasus Corona, Valda akhirnya dapat mudik. 

"Seneng sih, akhirnya ada flight langsung dari Malaysia ke Yogya. Kemarin sebenarnya mau pulang tapi tertunda, dan akhirnya sekarang bisa pulang," ujarnya. 

Seperti diketahui YIA masuk dalam jajaran 10 bandara di Indonesia yang kembali melayani penerbangan internasional pasca vakum imbas Covid-19. Ini berdasarkan Surat Edaran Nomor 42 tahun 2022 dari Kemenhub tentang petunjuk pelaksana perjalanan pelaku luar negeri (PPLN).

Editor : Johan Sompotan