Pengamat Sebut Investor Startup Mulai Pindah Sektor, Fintech Jadi Perhatian

Iqbal Dwi Purnama
Rabu 21 September 2022 22:55 WIB
Pengamat Sebut Investor Startup Mulai Pindah Sektor, Fintech Jadi Perhatian
Pengamat sebut investor startup mulai pindah sektor. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Ketua Umum Indonesian Digital Empowering Community (IDIEC), M Tesar Sandikapura menuturkan bahwa kini investor perushaan startup mulai berpindah sektor. 

"Tidak ada peningkatan pendanaan dari sektor tertentu, sebenarnya mereka hanya melakukan shifting, yang tadinya besar di marketplace, terus pindah. Dan menyadarai 'owh' ternyata ada yang lebih menarik nih," ujar Tesar dalam Market Review IDXChanel, Rabu (21/9/2022).

Menurutnya, paska pandemi covid 19. Investor kurang minat menanamkan modalnya ke perusahaan startup marketplace.

Sehingga tidak mengherankan, saat ini marketplace mulai 'seret', dan tampak terus memberikan promo menarik kepada penggunanya.

Bahkan hal terburuk dari kurangnya pendanaan dari investor, sampai ada yang sampai melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) terhadap beberapa karyawannya, demi efisiensi.

Disamping itu, ada beberapa sektor yang menjadi daya tarik investor perushaan startup saat ini, selain menaruh uang di marketplace. Startup itu ialah fintech, yang mana saat ini banyak UMKM membutuhkan modal segar untuk kembali bangkit dari pandemi.

"Ternyata orang cukup membutuhkan fintech, edutech, mungkin yang masih bisa bertahan adalah suply chain, saya rasa Investor masih mau mendanai sektor tersebut," ucapnya.

 

1
/
2