Pengamat Transportasi Minta Penggunaan Bus Listrik Terus Berlanjut usai Perhelatan KTT G20

Icon CameraHeri Purnomo
Jumat 18 November 2022 21:39 WIB
Pengamat Transportasi Minta Penggunaan Bus Listrik Terus Berlanjut usai Perhelatan KTT G20
Pengamat Transportasi Minta Penggunaan Bus Listrik Terus Berlanjut usai Perhelatan KTT G20. (Foto:celebrities.id/ MPI Heri Purnomo)

JAKARTA, celebrities.id - Pengamat transportasi sekaligus akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno, meminta pemerintah untuk terus mengakselerasi penggunaan bus listrik sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan.

Djoko menyebut pemerintah tidak boleh berhenti begitu saja dalam mendorong penggunaan bus listrik pada perhelatan konfrensi tingkat tinggi (KTT) G20.

"Euforia penggunaan kendaraan listrik tidak hanya heboh dan berhenti di KTT G20," kata Djoko dalam keterangan tertulis yang diterima MNC Portal, Jumat (18/11/2022).

Djoko mengatakan, momen ini adalahย  momentum makin gencarnya penggunaan kendaraan lisrik terutama bus listrik sebagai sarana transportasi umum di banyak kota. Oleh sebab itu, Dijoko menilai diperlukannya kolaborasi antara BUMN (PT Inka), Karoseri (Piala Mas dan Tentrem) dan Perguruan Tinggi (ITS, Unair, UGM dan ISI Denpasar) untuk menciptakan bus listrik yang dapat memacu penggunaan produk dalam negeri.

Sebagai informasi, pada perhelatan KTT G20, sebanyak 30 kendaraan bus listrik berukuran sedang dan satu bus listrik berukuran besar digunakan sebagai alat transportas yangi bertugas mengantar para delegasi tamu negara, panitia dan pekerja untuk menuju tempat pertemuan serta tempat menginap mereka di kawasan Nusa Dua.

Sementara TNI mengerahkan 252 unit kendaraan listrik berbasis baterai untuk mengawal para tamu negara partisipan KTT G20. Mobil listrik untuk pengawalan sebanyak 42 unit dengan merk Hyundai, sedangkan sepeda motor listrik untuk pengawalan sebanyak 126 unit dan sepeda motor listrik untuk penyelamatan sebanyak 84 unit.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra