Pengertian Analytical Exposition Text, Struktur dan Tujuannya

Icon CameraIqbal Widiarko
Kamis 24 November 2022 16:41 WIB
Pengertian Analytical Exposition Text, Struktur dan Tujuannya
Pengertian analytical exposition text. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Pengertian analytical exposition text dapat menambah pengetahuan kamu terkait jenis ragam teks yang ada dalam penulisan karya tulis.

Analytical exposition text atau teks eksposisi analitis mempunyai lima ciri-ciri bahasa, yaitu penggunaan kata-kata emosional, penggunaan simple present tense, penggunaan proses relasional, konjungsi internal dan konjungsi kausal.

Dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (24/11/2022), celebrities.id telah merangkum pengertian analytical exposition text, seperti berikut.

Pengertian Analytical Exposition Text

Merujuk pada Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas XI (2020) oleh Marni Hartati analytical exposition text atau teks eksposisi analitik termasuk ke dalam jenis argumentation text.

Analytical exposition text merupakan jenis teks yang banyak dijumpai dalam bacaan sehari-hari walaupun tidak semua orang tahu bahwa yang yang dibaca itu sebenarnya adalah jenis teks ini. Analyitical exposition text adalah jenis teks yang mengandung pendapat-pendapat mengenai sesuatu baik benda, tempat atau kejadian.

Struktur Analytical Exposition Text

a. Thesis

Pada bagian ini, penulis harus memberitahu pembaca tentang topik utama yang akan ditulisnya. Thesis biasanya bisa ditemukan di paragraf pertama teks. Di bagian ini, pembaca juga bisa melihat mengapa penulis memberikan pendapat terhadap hal yang menjadi topiknya.

 

1
/
2